nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

36 Santri di Madiun Diduga Keracunan Makanan

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 03:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 10 519 2015873 36-santri-di-madiun-diduga-keracunan-makanan-tb3frNOk5v.jpg

MADIUN - Puluhan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun terpaksa dilarikan ke rumah sakit dan Puskesmas Gantrung, akibat keracunan makanan.

Kapolsek Kebonsari AKP Sumarji membenarkan peristiwa keracunan yang melibatkan 36 santri Ponpes Babussalam.

"Ada sekitar 36 santri yang diduga keracunan tadi. Untuk perawatan di RSUD Batil Dolopo dan Puskesmas Gantrung. Dugaannya keracunan makanan," ungkap Sumarji saat dihubungi, Sabtu (9/2/2019).

Sebanyak 36 santri diduga keracunan makanan (Foto: Istimewa)

Dugaan keracunan makanan ini terjadi pasca puluhan santri menyantap masakan menu soto saat Jum'at malam di pondok. Namun pada Sabtu pagi, puluhan santri merasakan rasa mulas pada perutnya dan sebagian besar dibawa ke puskesmas dan rumah sakit untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

"Ada makan malamseperti biasa bersama-sama santri dan ustad dengan menunya soto. Tapi yang keracunan hanya santri saja," kata dia.

Selain menyantap soto, puluhan santri juga menyantap buah melon usai makan soto. "Keterangan saksi selain makan soto juga makan buah melon," ujarnya.

Kini dari 36 santri yang mendapatkan perawatan karena diduga keracunan, hanya 11 santri yang masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan Puskesmas Gantrung. Sementara 25 orang santri lainnya sudah diperbolehkan pulang.

"Yang masih dirawat ada 11 santri, 8 santri di Puskesmas Gantrung dan 3 di RSUD Batil Dolopo," ujar Kapolsek.

Kepolisian sendiri tengah memeriksa sejumlah sampel makanan dan buah yang dimakan para santri. Sementara itu, pihak kepolisian juga masih mencari pemasok buah melok yang dikonsumsi para santri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini