nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa Lecehkan Guru, DPR: Tak Cerminkan Budaya Indonesia

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 07:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 13 337 2017156 siswa-lecehkan-guru-dpr-tak-cerminkan-budaya-indonesia-e0FN15XlHA.jpg Anggota Komisi X Nizar Zahro (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aksi kekerasan di lembaga pendidikan marak terjadi belakangan ini. Bahkan, pelakunya adalah sang siswa yang tak segan lagi lecehkan guru atau staf sekolah.

Merespons hal itu, Anggota Komisi X DPR RI Nizar Zahro sangat mengecam banyaknya insiden seperti itu. Sebab, menurutnya sekolah merupakan institusi pendidikan yang seharusnya tak ada kejadian seperti kekerasan.

“Sebab, pendidikan sebagai institusi yang mendidik mental serta budi pekerti malah menunjukkan sikap yang tidak terpuji dan tidak mencerminkan budaya Indonesia yang sopan dan santun terhadap gurunya,” ujar Nizar kepada Okezone, Rabu (13/2/2019).

(Baca Juga: Siswi SD di Bogor yang Dihukum Push Up Akan Pindah Sekolah)

Tentu di samping itu, adanya murid yang berperilaku kasar dan kurang santun tentu tidak bisa diselesaikan hanya oleh sekolah. Keluarga dan lingkungan juga punya tanggung jawab yang sama besarnya.

“Namun, yang paling penting adalah kepala sekolah harus juga dievaluasi. Apakah sudah melakukan edukasi terhadap anak didiknya atau malah membiarkan,” tutur Nizar.

Ilustrasi

Menurutnya, dengan memberikam evaluasi terhadap kepala sekolah tentu juga sebagai pelajaran bagi kepala sekolah yang lain, agar benar benar mendidik siswanya. “Terlebih lagi kekerasan yang dilakukan murid juga menunjukkan kegagalan pemerintah dalam program revolusi mentalnya,” katanya.

Diketahui, video berdurasi 30 detik itu direkam di salah satu sekolah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Video itu memperlihatkan seorang siswa sesekali mendorong, bahkan mengarahkan tangannya yang terkepal ke arah sang guru. Ia juga tampak merokok di hadapan guru tersebut dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas.

(Baca Juga: Siswi di Batang Dihukum Guru Jalan Jongkok Keliling Lapangan hingga Kakinya Melepuh)

Melihat aksi muridnya itu, guru tersebut tidak membalas dan hanya menatap siswanya. Sementara, para siswa yang lain asyik merekam dan menertawakan. Aksi tidak sopan tersebut justru dinilai sebagai hal yang lucu.

Setelah viral, siswa tersebut pun menyampaikan permohonan maaf kepada gurunya. “Dengan ini saya minta maaf, sekali lagi minta maaf atas perbuatan yang saya lakukan terhadap guru saya Bapak Nurkalin yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2019 pukul 08.00 WIB di dalam kelas sewaktu jam pelajaran,” ujar siswa tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini