nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Warga Sukoharjo Cegah Teror Bakar Kendaraan Terulang Kembali

krjogja.com, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 15:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 512 2017918 ini-cara-warga-sukoharjo-cegah-teror-bakar-kendaraan-terulang-kembali-BipYCQLneQ.jpg Bakar (Okezone)

SUKOHARJO - Warga diminta untuk menghidupkan kembali program siskamling disemua lingkungan untuk menjamin keamanan. Sebab keamanan bukan tanggungjawab aparat saja. Siskamling sangat penting sekarang terlebih lagi sebagai antisipasi terjadinya kerawanan seperti pencurian, pembakaran kendaraan sampai kerusuhan dampak dari pemilu.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Kamis (14/2/2019) mengatakan, aksi teror pembakaran kendaraan seperti terjadi di Semarang dan daerah lainnya beberapa waktu lalu tidak sampai terjadi di Sukoharjo. Kondisi keamanan di Sukoharjo dalam dalam keadaan kondusif dan tidak ada kejadian tindak kriminal yang menonjol. Meski demikian hal itu tidak membuat aparat terlena dan tetap melakukan pengamanan penuh. Masyarakat dan pihak terkait lainnya juga diminta untuk membantu melakukan hal sama dengan menjaga keamanan.

 Baca juga: Penembak Jitu Dikerahkan Cegah Teror Bakar Mobil Terulang

Salah satu bentuk kegiatan yang bisa dilakukan warga dalam membantu aparat menjaga keamanan yakni dengan melakukan ronda malam dan menggiatkan kembali siskamling. Permintaan itu dilakukan mengingat kondisi sekarang masyarakat sudah melupakan siskamling sebagai upaya melestarikan budaya sekaligus menjaga keamanan bersama.

 https://img-z.okeinfo.net/okz/500/library/images/2019/02/07/edgj5odqwbqt399d13qe_11441.jpg

Untuk menggerakan kembali siskamling tersebut pihak Polres Sukoharjo sudah melakukan pendampingan terhadap masyarakat. Dibeberapa wilayah polisi hadir bersama warga melakukan patroli bersama di poskamling. Langkah tersebut diharapkan dapat memancing kesadaran bagi wilayah lainnya untuk melakukan hal sama.

 Baca juga: Ganjar: Teror Pembakaran Mobil Dilakukan Orang Terlatih

Polres Sukoharjo bahkan dalam menggerakan sisklaming juga beberapa kali mengadakan lomba. Warga diharapkan aktif kembali secara bersama menjadi keamanan lingkungan dengan ronda malam.

"Siskamling harus dihidupkan lagi. Ingat kerawanan keamanan bisa terjadi dimana saja tidak hanya waktu malam hari tapi bisa siang. Karena itu warga harus melakukan pengamanan bersama dengan patroli atau ronda di poskamling," ujarnya.

Kapolres mengingatkan siskamling tidak hanya di perkampungan saja namun juga di perumahan. Sebab perumahan juga masuk kategori rawan menjadi korban tindak kriminal seperti pencurian.

 Baca juga: Penyelidikan Teror Bakar Mobil di Jateng Dinilai Sulit, Polri: Pelaku Sangat Mempersiapkan!

"Seperti terjadi di beberapa daerah dimana ada kejadian tindak kriminal pembakaran kendaraan menimpa korban yang tinggal di perumahan di pinggir jalan. Itu jadi peringatan bagi kita semua agar selalu meningkatkan kewaspadaan," lanjutnya.

Pada jam rawan tindak kriminal Polres Sukoharjo juga melakukan patroli bersama keliling wilayah baik dengan menggunakan kendaraan, sepeda angin maupun jalan kaki. Wilayah yang disasar bergantian tidak hanya satu tempat saja namun berkeliling.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini