nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uang Rp130 Juta Milik Pondok Pesantren Digondol Wanita Muda Berhijab

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 519 2017976 uang-rp130-juta-milik-pondok-pesantren-digondol-wanita-muda-berhijab-GLtg3ymSkb.jpg Pencuri uang di Ponpes yang terekam cctv (foto: ist)

MALANG - Aksi perampokan terjadi di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Islahiyah di Jalan Keramat Pagetan, Singosari, Kabupaten Malang, uang senilai Rp130 juta yang tersimpan di dalam lemari sebuah ruangan bendahara, hilang digondol seorang pelaku yang diduga wanita.

Dari informasi yang dihimpun Okezone, aksi terduga wanita yang berusia 20 - 30 tahun ini tertangkap kamera CCTV pada Rabu pagi 13 Februari 2019 pukul 09.00 WIB.

Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku yang turun dari mobil Daihatsu Espass berwarna putih dengan tenang memasuki area Ponpes yang tengah melakukan kegiatan belajar mengajar, dan lolos dari penjagaan petugas keamanan Ponpes.

Wanita yang mengenakan jilbab coklat dan pakaian biru itu pun melakukan aksinya seorang diri. Ia tampak hafal betul situasi dan kondisi Ponpes Al Islahiyah, jika dilihat dari kamera CCTV. Dengan leluasa wanita yang mengenakan masker ini langsung masuk ruang bendahara dengan tenang yang saat itu sedang tidak terkunci.

 ad

Terduga pelaku berjalan menuju lemari tempat uang berada, kemudian mengambil uang milik Ponpes senilai Rp130 juta di dalam lemari dan dimasukkan ke dalam sebuah tas berwarna coklat yang tergeletak di ruangan sebelumnya.

Terduga pelaku kemudian keluar dari ruang bendahara dan meninggalkan areal Ponpes tanpa ada yang merasa curiga. Pihak Ponpes baru menyadari uang di dalam lemari raib saat melihat lemari menyimpan uang dalam kondisi terbuka. Setelah dicek petugas Ponpes melakukan pengecekan ternyata uang Rp 130 juta sudah tak berada di tempat. Akibat kejadian ini pihak Ponpes langsung melaporkannya ke Polsek Singosari.

Kapolsek Singosari Kompol Untung Bagyo membenarkan laporan yang diterima dari pihak Ponpes Al Islahiyah. Namun pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dugaan pencurian tersebut.

"Betul saat ini masih dilakukan penyelidikan. Belum kita tangkap terduga pelakunya," ujar Untung kepada Okezone, Kamis (14/2/2019).

Di sisi lain cucu pendiri Ponpes Al Islahiyah Ahsani F. Rahman mengatakan kerugian mencapai Rp130 juta dan satu buah tas ransel milik pengurus Ponpes yang turut dibawa pelaku.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini