nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Residivis "Kolor Ijo" Babak Belur Dihajar Massa

Azhari Sultan, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 340 2030098 residivis-kolor-ijo-babak-belur-dihajar-massa-z1oly27qGo.jpg Warga menangkap Sunaryo, pencuri yang disebut sebagai 'kolor ijo' (Foto: Azhari Sultan)

JAMBI - Sunaryo, warga Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko) Kabupaten Muarojambi, Jambi yang merupakan residivis pencurian tidak jera. Kendati sudah tiga kali keluar masuk penjara masih saja melakukan aksi serupa.

Nahasnya, saat beraksi di kawasan Mendalo, Kabupaten Muarojambi ia tertangkap. Warga menghajarnya hingga babak belur.

Sunaryo diketahui kerap melakukan hal aneh setiap melakukan aksinya, dengan melakukan ritual. Yakni, selalu menggunakan kolor saja tanpa busana, hingga masyarakat menyebutnya sebagai penjahat "kolor ijo".

Penangkapan tersangka oleh warga diakui Kapolres Muarojambi AKBP Mardiono. Dari keterangan warga, penangkapan dilakukan saat melihat pelaku sedang berjalan kaki dari arah Mendalo menuju Kota Jambi.

(Baca Juga: Ingin Tampil Modis, SPG Bersama 3 Rekannya Ngutil Baju Beragam Merek Senilai Rp17,1 Juta)

Setibanya di Desa Mendalo Indah, tepatnya di depan kantor JNE Mendalo, salah satu karyawan JNE yang telah mengenalnya, memanggil pelaku dan diajak duduk sambil ngopi. Selanjutnya, karyawan yang curiga tersebut langsung memberitahukan kepada warga lainnya melalui grup WhatsApp. Tidak lama kemudian, warga langsung mendatangi ke lokasi.

Ilustrasi

Salah seorang warga melihat tas mencurigakan yang dibawa pelaku. Usai digeledah, warga menemukan tiga unit hanphone yang tidak ketahui milik siapa.

Dalam interogasi yang dilakukan warga, pelaku selalu berbelit-belit menjawabnya. Kesal dengan perlakuan pelaku, warga ramai-ramai menghajar Sunaryo hingga akhirnya babak belur.

Beruntung, petugas Polsek Jaluko yang mendapatkan informasi tersebut datang tepat waktu, sehingga pelaku berhasil diamankan dari amukan warga lagi.

"Dari hasil pengembangan, tersangka ini sudah melakukan aksi pencuriannya di 5 TKP, 3 di Kota Jambi dan 2 di Muarojambi," ujarnya, Kamis (14/3/2019).

(Baca Juga: Banyak Rambu Lalu Lintas di Palangka Raya Dicuri Maling)

Diakui Mardiono, pelaku dalam setiap melakukan aksinya tersangka memang selalu menggunakan kolor. "Jadi, warga menyebutnya sebagai kolor ijo. Tapi, dia memakai kolor pink," ujar Mardiono.

Akibat perbuatannya, saat ini tersangka masih ditahan di Polsek Jaluko, untuk diminta keterangannya dan penyelidikan selanjutnya.

(Ari)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini