nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penjelasan PKS soal Calegnya kena Kasus Pencabulan Anak

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 07:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 340 2030223 ini-penjelasan-pks-soal-calegnya-kena-kasus-pencabulan-anak-GD7x8IGaQW.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Anggota Advokasi Hukum DPP PKS Zainudin Paru memberikan penjelasan terkait kabar salah satu calon legislatif dari PKS Pasaman Barat, Sumatera Barat, yakni AH diduga terlibat kasus pencabulan.

Menurut Zainudin, pihaknya akan segera menindaklanjuti kasus tersebut dengan meminta DPW PKS untuk melakukan investigasi dan membuat laporannya.

 Baca juga: Caleg PKS Diduga Cabuli Anak Kandung Sejak Kelas 3 SD

"Terkait Caleg DPRD Kabupaten Pasaman Barat, DPP sedang minta DPW Sumbar untuk lakukan investigasi dan membuat laporan ke DPP secara lengkap mengenai tindakan asusila yang dilakukan pelaku," ujar Zainudin Paru kepada Okezone, Kamis (14/3/2019).

 https://img.okeinfo.net/content/2019/03/14/340/2029847/caleg-pks-diduga-cabuli-anak-kandung-sejak-usia-3-tahun-hNwTqFyoep.jpg

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa caleg berinisial AH tersebut bukanlah berasal dari kader internal PKS. Zainudin menjelaskan bahwa pelaku itu adalah bukan caleg yang dibina oleh PKS, melainkan kader eksternal.

 Baca juga: PKS Akan Pecat Calegnya yang Terlibat Kasus Pencabulan Anak Kandung

"Termasuk pertimbangan teman-teman di DPD Pasaman Barat & DPW Sumbar meneriman yang bersangkutan sebagai caleg PKS (dari tokoh eksternal)," ujarnya.

"Sementara, yang kami ketahui pelaku adalah calon eksternal. Pelaku bukanlah kader binaan PKS yang dibimbing sesuai dengan sistem pengkaderan yang belaku diinternal PKS," tegas Zainudin.

 Baca juga: Polisi Buru Caleg PKS yang Tersandung Kasus Pencabulan Anak Kandung

Seperti diberitakan sebelumnya, AH diduga telah melakukan tindakan asusila kepada anak kandungnya sendiri sejak berusia 10 tahun. Namun, kini ia kabur dan masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh pihak kepolisian.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini