nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hakim Dianggap Lalai, Habib Bahar Akan Ajukan Banding

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 15:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 21 525 2033105 hakim-dianggap-lalai-habib-bahar-akan-ajukan-banding-QYpuGmZRId.jpg Habib Bahar bin Smith (Foto: Okezone)

BANDUNG - Majelis hakim menolak nota keberatan atau eksepsi yang diajukan tim penasihat Habib Bahar bin Smith. Penolakan hakim dianggap penasihat hukum sebagai bentuk kelalaian, sehingga dalam putusan sela banyak hal ganjil. 

Di antaranya, hakim menyebutkan bahwa tidak ada revisi dalam surat dakwaan jaksa. "Tapi kita dengar sendiri faktanya bahwa di situ diakui oleh JPU bahwa ada revisi dari luka-luka menjadi luka berat. Nah, itu yang kita perhatikan tadi," kata Ichwan Tuan Kotta usai sidang, di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung, Kamis (21/3/2019).

Selain itu, uraian nota keberatan terkait pelaksanaan sidang digelar di Bandung, padahal terdakwa dan para saksi berdomisili di Cibinong. Menurutnya, alasan subjektivitas jaksa soal keamanan tidak tepat.

(Baca Juga: Eksepsinya Ditolak, Habib Bahar: Apapun yang Diputuskan Hakim Saya Terima)

Habib Bahar

Sebab, berjalannya sidang Bahar beberapa hari ini tidak terjadi kejadian apa pun yang mengganggu ketertiban. "Itu alasan subjektif yang tidak pas diterapkan di persidangan Habib Bahar," ucap dia.

Ichwan menegaskan, tim penasihat hukum akan mengajukan banding terhadap putusan sela majelis hakim. Hal itu dirasakan perlu, karena dinilai telah merugikan kliennya.

"Maka, kami memandang bahwa apa yang di uraikan dalam putusan sela tadi kami melihat bahwa ada kelalaian hakim. Untuk itu, kami mau upayakan upaya banding ke Pengadilan Tinggi. Materi (sidang) tetap berjalan," katanya.

(Baca Juga: Polisi Dalami Adanya Unsur Ancaman di Balik Pernyataan Habib Bahar ke Jokowi)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini