nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudikerta Belum Dicoret dari Daftar Caleg Meski Sudah Ditahan Polisi

Agregasi Balipost.com, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 244 2039524 sudikerta-belum-dicoret-dari-daftar-caleg-meski-sudah-ditahan-polisi-6qqggM7zKF.jpg

DENPASAR - Penahanan mantan wakil gubernur Bali, I Ketut Sudikerta di Rutan Mapolda Bali, tak berpengaruh pada statusnya sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI. Nama Sudikerta tidak dicoret dalam Daftar Calon Tetap (DCT) dan surat suara.

Ia pun tetap bisa dipilih pada saat Pemilu Serentak, 17 April mendatang. “Dia tetap menjadi calon. Bahkan terpilih pun boleh dan tetap dilantik sepanjang belum ada putusan pengadilan yang inkracht,” ujar Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan dikonfirmasi, Jumat (5/4).

Lidartawan menambahkan, begitu ada putusan pengadilan dan Sudikerta memang terbukti melakukan tindak pidana barulah ia diberhentikan dari DPR RI. Itupun kalau hasil pemilu menyatakan Sudikerta lolos ke Senayan.

Untuk proses selanjutnya seperti Pengganti Antar Waktu (PAW) sudah menjadi urusan partai politik yang mengusungnya.

(Baca Juga: Mantan Wagub Bali Sudikerta Ditangkap di Bandara Ngurah Rai)

“Untuk sekarang, yang bersangkutan belum dihapus dari DCT dan tetap bisa dipilih. Harus diingat bahwa kita itu punya presumption of innocence atau praduga tidak bersalah,” jelas mantan Ketua KPU Bangli ini.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini