nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Tangkap 2 Pembobol Rekening Bermodus Ganjal ATM

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 15 April 2019 22:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 15 338 2043924 polisi-tangkap-2-pembobol-rekening-bermodus-ganjal-atm-baEpKtEylf.jpg Ilustrasi mesin ATM perbankan. (Dok Okezone)

JAKARTA – Polisi menangkap dua pemuda lantaran menjadi sindikat pencurian dengan modus ganjal ATM. Kedua pemuda itu berinisial G dan AF.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, menjelaskan pihaknya menangkap keduanya usai mendapatkan laporan dari korban pada Februari 2019. Korban mengalami kerugian hingga Rp15 juta.

“Kita mendapatkan laporan ada nasabah yang rekeningnya berkurang padahal nasabah tidak melakukan transaksi,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/4/2019).

Argo menambahkan, masih terdapat tiga orang lagi masih buron. Mereka yang buron adalah W, D, dan DWI. Adapun dalam modus operandinya mereka membagi tugasnya masing-masing. Ada yang berperan mengajak korban ngobrol yang juga pura-pura ingin menggunakan mesin ATM.

ilustrasi

“Setelah itu pelaku yang dibelakang tersangka pertama juga memiliki peran untuk mengajak bicara korban. Setelah itu korban tidak fokus tanpa sadar kartu ATM diganti. Pas korban memasukkan kartu yang sudah diganti pelaku menggali password ATM korban,” ucapnya.

Selain itu, kata Argo, para pelaku biasa beraksi di kawasan Jakarta Selatan dengan mencari lokasi ATM yang sepi, biasanya di sebuah minimarket.


Baca Juga : Polda Metro Jaya Bongkar Jual-Beli Data Nasabah Bank lewat Situs

“Atas perbuatannya kedua pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” tutur Argo.


Baca Juga : Polisi Tangkap 8 Pelaku Skimming ATM BRI di Kediri, Otak Kejahatan Masih Buron

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini