Bawa Duit Rp1 Miliar, 2 Caleg Gerindra Ditangkap di Lamongan

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 19:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 16 606 2044322 bawa-duit-rp1-miliar-2-caleg-gerindra-ditangkap-di-lamongan-wbqCfCa0Eo.jpg

SURABAYA - Polisi berhasil mengamankan dua orang yang diduga dari salah satu partai yang terkait kegiatan politik di Lamongan, Jawa Timur, pada Selasa dini hari (16/4/2019).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan bila keduanya diamankan pada Selasa dini hari pukul 00.30 WIB di sebuah wilayah di Kabupaten Lamongan.

Dari hasil tangkap ini, kepolisian menyita uang senilai Rp 1 miliar yang dibawa kedua orang ini. "Dua orang diamankan. Pengakuannya dari salah satu partai untuk kegiatan politik di Lamongan (dari) Gerindra. Itu caleg," ungkap Barung.

Diduga dua orang ini tertangkap berdasarkan informasi dari masyarakat karena berniat melakukan politik uang di Lamongan melalui 'serangan fajar' di hari H Pemilu 2019.

Kedua terduga caleg dari Gerindra itu sampai saat ini masih dalam tahap pemeriksaan. Adapun barang bukti uang Rp1 miliar telah diamankan untuk diplenokan oleh Bawaslu dan Sentra Gakkumdu.

"Mengenai uang Rp1 miliar. Tetapi masih diplenokan Bawaslu dan Sentra Gakkumdu," lanjutnya.

Pihak kepolisian sendiri menyerahkan dugaan kasus ini ke Bawaslu Jawa Timur guna pemeriksaan lebih lanjut. Namun DPC Partai Gerindra Kabupaten Lamongan membantah bila uang tersebut digunakan sebagai ajang untuk serangan fajar.

Menurut Sekretaris DPC Partai Gerindra Lamongan imam Muchlisin, uang senilai Rp 1 miliar ini digunakan untuk kegiatan para saksi di TPS - TPS yang ada di Lamongan.

"Memang uang ini untuk kegiatan honor saksi dan Kordinator kecamatan dan kabupaten, bukan untuk serangan fajar atau orang lain. Nilainya ada Rp 1,075 miliar," pungkas Sekretaris DPC Partai Gerindra Imam Muchlisin saat dihubungi Okezone, Selasa (16/4/2019).

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini