nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Rusia yang Terbakar di Moskow Disambar Petir Sebelum Kecelakaan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 09:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 07 18 2052412 pesawat-rusia-yang-terbakar-di-moskow-disambar-petir-sebelum-kecelakaan-7hC91COMq0.jpg Foto: Reuters.

MOSKOW - Penumpang dan kru dari pesawat Aeroflot Rusia yang mendarat darurat dan terbakat di Bandara Moskow mengatakan bahwa jet tersebut tersambar petir beberapa saat sebelum kecelakaan.

Laporan mengenai sambaran petir itu muncul setelah para penumpang menceritakan bagaimana mereka meloloskan diri dari pesawat yang terbakar di Bandara Sheremetyevo pada Minggu. Sebanyak 41 dari 78 penumpang yang berada di dalam pesawat nahas itu tewas dalam kecelakaan tersebut.

Seorang penumpang yang selamat dari kecelakaan itu, Pyotr Yegorov, dikutip mengatakan bahwa penerbangan "baru saja lepas landas dan pesawat disambar oleh kilat".

"Pendaratannya kasar - saya hampir pingsan karena ketakutan," tambah Yegorov sebagaimana dilansir BBC, Selasa (7/5/2019).

Para penyelidik yang menyelidiki penyebab kecelakaan itu belum memberikan komentar resmi atas klaim mengenai sambaran petir tersebut. Pesawat modern dibuat untuk menahan serangan kilat, dan maskapai nasional Rusia hanya mengatakan bahwa pesawat kembali ke bandara karena "alasan teknis".

Video: YouTube/RT.

Namun para penumpang mengatakan, pesawat yang dalam perjalanan menuju Kota Murmansk itu dihantam kilat sesaat setelah lepas landas. Pilot Denis Yevdokimov mengatakan kepada media Rusia bahwa kilat telah mengganggu komunikasi dengan pengendali lalu lintas udara dan memaksanya untuk beralih ke mode manual darurat.

Tayangan video menunjukkan pesawat melakukan pendaratan yang sangat keras dan meledak setelah memantul di landasan.

Kotak hitam pesawat - yang merekam data penerbangan dan percakapan kokpit – dilaporkan telah berhasil diambil dan diserahkan kepada penyelidik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini