nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Kerusuhan di Rutan Siak yang Berujung Pembakaran

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 08:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 11 340 2054338 kronologi-kerusuhan-di-rutan-siak-yang-berujung-pembakaran-oFFE1C2qgp.jpg Ilustrasi

PEKANBARU - Kerusuhan terjadi di Rutan (Rumah Tahanan) Klas II Siak, Riau. Penganiayaan sejumlah tahanan narkoba terlibat narkoba oleh pihak Rutan menjadi pemicu kerusuhan berujung pembakaran.

"Kerusuhan terjadi sekitar pukul 1.00 WIB. Awalnya peristiwa ini dipicu karena adanya penganiayaan sipir terhadap tahanan pria," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, Sabtu (11/4/2019).

Kasus ini berawal saat pihak Rutan Siak melakukan razia di dalam sel para narapidana karena ada penggunaan narkoba pada Jumat 10 Mei 2019 sekira pukul 21.00 WIB. Saat razia itu, dijumpai dugaan penggunaan sabu di blok wanita oleh petugas.

Rutan Siak dibakar napi (Foto: Istimewa)

(Baca Juga: Rusuh, Rutan Siak Dibakar Narapidana)

Kemudian, pihak Rutan Siak melaporkan kejadian ini kepada kepolisian. Setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak Rutan dan pihak Satuan Reserse Narkoba Polres Siak, didapatkan 4 tahanan laki-laki yang menggunakan sabu. Hasil interogasi, hanya tiga tahanan yang terlibat narkoba.

"Selanjutnya 3 tahanan yang terbukti terlibat narkoba berinisial IM, ZP dan DI di ke ruang Trapsel. Dalam perjalan ke trapsel, diduga pegawai rutan melakukan pemukulan tahanan tersebut," imbuhnya.

Penganiayaan itu diketahui oleh para napi lainnya. Mereka pun marah dan situasi memanas. Para tahanan mengamuk dan menjebol sel tahanan. Puncaknya, para tahanan melakukan pembakaran Rutan.

"Para tahanan menjebol pintu blok sel tahanan sehingga petugas Rutan kewalahan sehingga saat ini kondisi tidak terkendali. Pihak Rutanpun meminta bantu Polsek Siak," kata dia.

Akibat kerusuhan itu, sejumlah tahanan mencoba kabur. Namun sebagian besar yang mencoba kabur sudah berhasil diamankan petugas.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini