nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerusuhan Rutan Siak, Sipir Penganiaya Tahanan Bakal Diberi Sanksi

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 08:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 11 340 2054339 kerusuhan-rutan-siak-sipir-penganiaya-tahanan-bakal-diberi-sanksi-qgJ5pLffod.JPG

PEKANBARU - Kepala Kanwil Hukum dan HAM, Riau, M Diah menyayangkan kerusuhan yang terjadi di Rutan Siak. Dia menegaskan akan menindak anak buahnya yang melakukan penganiayaan tahanan yang berujung penganiayaan itu.

"Siapun petugas kita yang melakukan tindakan di luar batas tidak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) pasti ada sanksi hukumnya," kata M Diah Sabtu (11/5/2019).

Dalam kasus ini, pada awalnya menemkan kasus peredaran narkoba dalam Rutan. Pihak Rutan pun melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan sejumlah tahanan yang terlibat peredaran sabu.

"Dalam konteks ini, kita melakukan pengembangan narkoba karena ada napi wanita membawa narkoba itu. Kalau ada tindakan-tindakan di lua batas itu sesungguhnya tehnik bagaimana untuk mengetahui. Tapi jika memang tindakan (petugas rutan) itu sudah di luar SOP pasti ada sanskinya," imbuhnya.

(Baca Juga: Kronologi Kerusuhan di Rutan Siak yang Berujung Pembakaran)

Hal itu sesuai dengan peraturan yang berlaku yakni PP nomor 53. Untuk sementara para oknum tersebut akan ditarik di Kantor ke Kanwil Hukum dan HAM Riau di Pekanbaru.

"Jumlahnya (pelaku) belum diketahui, kita proses dulu. Untuk sementara yang terlibat kita tarik dulu," ucapnya.

Kerusuhan di Polres Siak terjadi pukul 1.00 WIB. Keributan diawali dari razia narkoba dari dalam sel. Kemudian terjadi penganiayaan oleh sipir kepada tahanan. Tahanan lain marah dan membakar Rutan Siak.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini