nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tentara Perbatasan Vietnam Tembak Rekan dan Warga Sipil Sebelum Bunuh Diri

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 11:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 16 18 2066974 tentara-perbatasan-vietnam-tembak-rekan-dan-warga-sipil-sebelum-bunuh-diri-m3egBh55EL.jpg Ilustrasi.

HANOI – Seorang penjaga perbatasan Vietnam melepaskan tembakan dan melukai tiga orang di pos penjagaannya sebelum melakukan bunuh diri pada Sabtu, 15 Juni. Insiden itu dilaporkan media Vietnam, sebuah negara di mana kekerasan bersenjata sangat jarang terjadi.

Warga sipil dilarang memiliki senjata di Vietnam, sebuah negara satu partai di mana hanya pasukan polisi dan tentara yang berada di antara kalangan petugas yang memiliki akses ke senjata.

Kantor berita resmi Vietnam,VNA, melaporkan bahwa pada Sabtu, seorang penjaga perbatasan di Provinsi Long An, dekat Kamboja melepaskan tembakan ke posnya yang melukai dua rekannya dan seorang penduduk setempat.

Pelaku penembakan itu kemudian bersembunyi di pos di komune Binh Hiep sebelum melakukan bunuh diri. VNA mengidentifikasi pelaku penemabakan sebagai sebagai Letnan Dua Ta Quang Dat.

"Dat telah menunjukkan tanda-tanda gangguan psikologis baru-baru ini dan dia baru saja kembali dari perawatan," demikian dilaporkan VNA sebagaimana dilansir AFP, Minggu (16/6/2019).

Beberapa laporan media yang tidak diverifikasi menyebutkan bahwa salah satu korban yang terluka kemudian meninggal di rumah sakit. Jalan-jalan diblokir di sekitar tempat kejadian dan penduduk setempat dievakuasi dari daerah itu.

Kejahatan berbahaya jarang terjadi di Vietnam, meskipun dalam beberapa tahun terakhir sejumlah kecil insiden profil tinggi telah mencekam negara tersebut.

Pada 2016 seorang penjaga hutan menembak dan membunuh dua pejabat provinsi di Provinsi Yen Bai, sebelah utara sebelum menembakkan senjatanya ke dirinya sendiri.

Perbatasan darat Vietnam yang panjang dan keropos, yang berbatasan dengan Kamboja, Laos, dan China, dijaga oleh tentara di pos-pos patroli. Berdasarkan data kementerian pertahanan ada sekira 450.000 tentara yang bertugas aktif di Vietnam, bersama dengan lima juta pasukan cadangan yang kuat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini