nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Gempa Maluku, Warga Darwin Australia Berhamburan Keluar Gedung

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 24 18 2070171 dampak-gempa-maluku-warga-darwin-australia-berhamburan-keluar-gedung-FAgH0mvszW.jpg Sejumlah karwayan di Darwin, Australia keluar gedung saat gempa M 7,4 guncang Maluku Tenggara. Foto/ABC

DARWIN – Sejumlah karyawan berhamburan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang wilayah Maluku Tenggara.

Sekitar 200 karyawan yang bekerja di gedung Darwin CBD dievakuasi dan telah dipulangkan ke rumah sementara.

Petugas saat ini sedang mencari tanda-tanda kerusakan struktural pada gedung Darwin CBD.

BacaGempa Magnitudo 7,4 Guncang Maluku Tenggara Barat, Getarannya Terasa hingga NTT & Papua Barat

Wakil kepala eksekutif kebijakan dan strategi kesehatan Maggie Jamieson mengatakan pengecekan gedung sebagai tindakan pencegahan.

"Ada beberapa keretakan—apakah itu lama atau baru, kami tidak tahu. Itulah mengapa kami meminta beberapa insinyur struktural untuk datang dan memeriksanya," katanya mengutip ABC, Senin (24/6/2019).

BacaMaluku Diguncang Gempa Susulan Magnitudo 5,2

"Kami berharap semuanya aman dan sehat dan kami dapat kembali bekerja, tetapi kami akan menunggu di berita untuk mencari tahu apa yang terjadi dan kami akan memberi tahu staf kami segera setelah kami tahu," lanjut dia.

Seorang saksi mata mengatakan getaran sangat kuat. "Semua orang panik dan berlari melalui tangga darurat. Saya berada di lantai delapan," kata dia.

Saksi lain mengatakan kepada EMSC getaran berlangsung sekira lebih dari satu menit. "Kami berlari ke luar dan duduk, dan getara berlanjut selama 30 detik atau lebih."

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melapokan di Twitter, gempa M 7,7 (sebelumnya dilaporkan 7,7) mengguncang Maluku dengan kedalaman 231 KM. Gempa tidak memicu tsunami.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini