nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kotak Amal Masjid Al-Markaz di Makassar Berisi Rp4 Juta Raib Digasak Maling

Herman Amiruddin, Jurnalis · Minggu 30 Juni 2019 21:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 30 609 2072799 kotak-amal-masjid-al-markaz-di-makassar-berisi-rp4-juta-raib-digasak-maling-t1oa8NzRkO.JPG Pencuri kotak amal di Masjid Al-Markaz, Makassar (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR - Kotak amal yang berada di lantai 2 Masjid Al-Markaz Al-Islami, Kota Makassar, Sulawesi Selatan raib digasak pencuri. Berdasarkan penyelidikan, pelaku diketahui bernama Ilham Nur Alamsyah (24).

Kanit Reskrim Polsek Bontoala, Iptu Bahtiar mengatakan, warga Jalan Sunu lorong 8 itu diamankan berdasarkan aduan pihak keamanan internal Masjid Al-Markaz Al-Islami yang diterima Polsek Bontoala pada Jumat, 28 Juni 2019 lalu.

"Setelah menerima aduan itu, kami bersama personel Tim Opsnal lebih dulu ke tempat kejadian perkara dan mengumpulkan keterangan saksi," kata Iptu Bahtiar, Minggu (30/6/2019).

Dari keterangan sejumlah saksi disebutkan bahwa kotak amal tersebut berada di lantai 2 masjid tersebut. "Kotak amal itu saat dicek oleh saksi dalam kondisi terbongkar. Adapun isi kotak amal itu sekitar Rp4 juta," tuturnya.

Tak butuh waktu lama, polisi akhirnya berhasil melacak keberadaan pelaku yang saat itu berada di Jalan Sunu lorong 8.

Kotak Amal Masjid Almarkaz

"Tanpa menunggu, kami sudah kantongi identitas dan ciri-cirinya itu yang tercatat adalah warga Jalan Sunu. Dia sementara berdiri. Dia lalu kami bawa ke Mapolsek Bontoala," ucap Bahtiar.

Kepada polisi, pelaku mengaku mengambil isi kotak amal itu dengan cara mencongkel dengan menggunakan besi lalu menguras habis isinya.

"Pelaku mengaku uang itu ia belanjakan untuk kebutuhan sehari-hari hingga yang tersisa katanya hanya Rp528 ribu. Kami menyita barang bukti berupa satu buah kotak amal dan uang senilai Rp528 ribu," ujar dia.

Kini Ilham harus mendekam di balik sel Mapolsek Bontoala, Makassar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini