nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Rapuh, Instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran HI Dibongkar

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 18 338 2080489 sudah-rapuh-instalasi-bambu-getah-getih-di-bundaran-hi-dibongkar-YzP1JwxYqP.jpg Anyaman Bambu Getah-Getih di Bundaran HI Jelang Asian Games 2018 (foto: Ist)

JAKARTA - Bambu "Getah Getih" yang terpajang di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta. Pembongkaran itu dilakukan lantaran bambu seharga Rp550 juta itu kini sudah rapuh.

"Iya dilakukan pembongkaran (getah getih) karena bambunya sudah mulai rapuh karena cuaca sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh khawatir rubuh," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati saat dikonfirnasi, Kamis (18/7/2019).

Jelang Pembukaan Asian Games 2018, Bundaran HI Dihiasi Karya Seni Anyaman Bambu 

Untuk sementara, kata Suzi, sisa lokasi bekas instalasi bambu tersebut ditanami tumbuhan Border Semak sampai menunggu intalasi lainnya. "Sementara ditanam border semak, ground cover sambil menunggu instalasi lainnya," imbuhnya.

Adapun pembongkaran instalasi bambu karya seniman Joko Avianto tersebut dilakukan pada Rabu (17/7/2019) malam.

Bambu itu sendiri dipasang menjelang perhelatan Asian Games sejak Agustus 2018 lalu dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 16 Agustus 2018.

Saat peresmian Anies mengatakan instalasi seni bambu tersebut hanya bertahan selama 6 hingga 12 bulan saja karena bahannya yang terbuat dari bambu. "Ya keunggulan bambu adalah biodegradable, sehingga otomatis didaur ulang alam," tuturnya.

Jelang Pembukaan Asian Games 2018, Bundaran HI Dihiasi Karya Seni Anyaman Bambu

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini