nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Hubungkan 4 Desa, TNI Bahu-membahu Perbaiki Jalan di Tangerang

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 19:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 19 340 2081158 demi-hubungkan-4-desa-tni-bahu-membahu-perbaiki-jalan-di-tangerang-vLgUQm8B2A.jpg Anggota TNI sedang memperbaiki jalan di Desa Blukbuk Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten (Foto: Sarah Hutagaol)

TANGERANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melakukan salah satu program rutinnya, yakni TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-105. Kali ini, kegiatan tersebut akan dilakukan secara fisik dan non-fisik di Desa Blukbuk Kronjo, Kabupaten Tengerang.

Kegiatan yang juga bekerjasama dengan Kodim Tigaraksa ini akan melakukan pembangunan fisik berupa perbaikan jalan, dan juga non-fisik dalam bentuk pelayanan kesehatan kepada warga sekitar.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, kondisi jalanan yang sudah dikonblok di desa tersebut memang cukup rusak. Hampir seluruh konblok telah hancur dan terlepas dari rekatannya.

 TNI perbaiki jalan

Untuk memperbaiki jalan sepanjang 1,5 kilometer tersebut dikerahkan bantuan 100 orang satuan tugas TNI dari Angkatan Darat, Laut, Udara, Polri, dan juga puluhan warga turun ke lapangan.

Baca Juga: Jokowi Resmi Bentuk Komando Operasi Khusus TNI Gabungan 3 Matra 

Perbaikan jalan yang mulai dilakukan sejak 11 Juli lalu itu pun sudah berhasil memuluskan jalan yang semula rusak sepanjang 200 meter. Sisanya, kini Satgas gabungan TNI dan warga kembali bekerja untuk melakukan pemasangan bagesting sebelum pengecoran.

Menurut Wakapendam Jaya Letkol Kav Antonius Totok, perbaikan jalan dilakukan di daerah tersebut dengan mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat setempat. Pasalnya, selama ini mereka kesulitan untuk mengakses desa-desa yang lainnya.

Perbaikan jalan 

Tak ingin terisolasi terlalu lama dari tiga desa yang lainnya, yakni Saga, Bakung, dan Gandaria, program TMMD itu pun diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga dan membuka jalur ekonomi.

“Salah satu tujuannya pembangunan jalan ini adalah untuk menghubungkan 4 desa yang selama ini agak terisolasi, yaitu Desa Blukbuk itu sendiri, Saga, Desa Bakung, dan Gandaria,” ujar Antonius di Desa Blukbuk, Kabupaten Tangerang, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga: JK ke 781 Capaja TNI-Polri: Yang Kuasai Teknologi Akan Memenangi Peperangan 

Antonius Totok menjelaskan, kenapa dipilih pembangunan fisik, karena pembangunan infrastruktur jalan itu akan secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama membuka jalur ekonomi. Selain itu, masyarakat tidak terkungkung, dia terbuka wawasannya bisa berkomunikasi dan berhubungan dengan dunia luar.

Salah satu warga bernama Sarib yang turut membantu menyelesaikan perbaikan jalan itu merasa sangat senang atas bantuan dari TNI. Ia pun rela untuk menyumbangkan tenaga meski usainya sudah tak muda lagi.

Sembari memotong-motong bambu yang akan digunakan untuk bagesting, pria berusia 63 tahun ini sangat menantikan kalau jalan di desanya segera benar. Pasalnya, ia dan warga lainnya sudah merasakan jalanan rusak itu selama kurang lebih tiga tahun.

“Iya rusak, sudah lama banget. Waktu itu ada pemasangan konblok. Waktu ada tentara kemari, dulu, dipasangin konblok tapi sudah rusak lagi. Sudah lama ini, tiga tahunan sudah hancur ini jalan,” tutur Sarib kepada Okezone di lokasi.

Ia berharap bantuan dari TNI tidak hanya berhenti pada pembangunan infrastruktur jalan, tetapi juga memperbaiki aliran air. Ia dan warga lain yang mayoritas berprofesi sebagai petani merasa kesulitan air ketika musim kemarau tiba seperti sekarang ini.

“Harapannya mah jalan air. Jalan air kalau bisa. Jalan air enggak diperbaiki-perbaiki. Yang sekarang yang pasa punya uang pada ngegali sumur, ngebor pakai mesin. Kalau enggak punya uang kayak bapak gimana,” ujarnya.

Perbaikan jalan di Desa Blukbuk rencananya ditargetkan selesai sebelum program TMMD ditutup, yaitu sebelum 10 Agustus 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini