Ini Pembicaraan Rapat Dewan Pembina Partai Gerindra di Hambalang

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 13:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 606 2080976 ini-pembicaraan-rapat-dewan-pembina-partai-gerindra-di-hambalang-40rLwXuWot.jpg Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani (foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut pertemuan dewan pembina yang digelar di kediaman Prabowo Subianto, di Bukit Hambalang, Bogor melaporkan perolehan hasil Pileg 2019.

"Dalam rapat hari ini tadi disampaikan laporan hasil pemilihan umum legislatif yang hasilnya berdasarkan keputusan KPU, kita memiliki 87 anggota DPR terpilih dan 2.245 anggota DPRD Kota/Kabupaten se-Indonesia," kata Muzani, kepada wartawan di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jumat (19/7/2019).

 Baca juga: Kumpulkan Dewan Pembina di Hambalang, Prabowo Akan Jelaskan Langkah Rekonsiliasi

Muzani menjelaskan, dari jumlah tersebut pihaknya akan menempatkan satu orang sebagai wakil ketua DPR RI, tiga orang DPRD Provinsi, 50 orang DPRD Kabupaten/Kota dan 164 orang wakil ketua DPRD Kabupaten/Kota dan 22 orang wakil DPRD Provinsi.

"Menurut anggaran dasar, kewenangan untuk menetapkan pimpinan DPR RI, ketua DPRD Provinsi, wakil ketua DPRD Provinsi, ketua dan wakil ketua DPRD Kabupaten/Kota wewenang ketua dewan pembina. Tadi disetujui bersama kita membentuk tim untuk menseleksi nama-nama dimaksud untuk menempati posisi-posisi strategis di DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," jelasnya.

 Prabowo

Kemudian yang kedua, lanjut Muzani, dalam rapat ini juga telah menyetujui dan merekomendasi adanya konsolidasi partai secara menyeluruh baik di tingkat legislatif, kader hingga struktur partai.

"Di tingkat legislatif kita akan melakukan berbagai macam pertemuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas anggota dewan agar dia memahami apa dan bagaimana fungsi dewan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga perjuangan untuk menegakan keadilan dan kemakmuran seperti yg dicita-citakan dapat diperjuangkan secara maksimal," paparnya.

 Baca juga: Gerindra: Meski Bertemu Jokowi, Prabowo Tak Akan Mengkhianati Pendukungnya

Lalu di tingkat kader, pihaknya akan melakukan serangkaian latihan untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia di tubuh partai. Terakhir, di tingkat struktural atau kelembagaan akan melakukan evaluasi atas kegiatan yang sudah dilakukan.

"Tiga hal inilah yang menjadi pembicaraan dalam pertemuan hari ini. Kenapa dalam pertemuan ini banyak fokus membahas persoalan internal? Pada akhirnya kemampuan kita menghadapi masalah eksternal itu ditentukan dalam kemampuan dan kesolidan kita di internal dalam menghadapi pejuangan ke depan," ungkap Muzani.

 

Sementara, terkait perkembangan politik terakhir, seluruh dewan pembina memberi kepercayaan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto ketua dewan pembina untuk mengambil langkah strategis dalam mengambil keputusan-keputusan partai.

"Beliau masih akan terus melakukan pembicaraan untuk mendengar semua pandangan yang terus berkembang karena itu beliau merasa rapat ini sangat penting bagi keputusan kita ke depan," tandanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini