nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disindir Tjahjo Kumolo soal Pergi ke Luar Negeri, Begini Jawaban Anies Baswedan

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 21:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 338 2082238 disindir-tjahjo-kumolo-soal-pergi-ke-luar-negeri-begini-jawaban-anies-baswedan-MwzFcPfFxX.jpg Anies Baswedan. (Foto: Puteranegara/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi sindiran yang sempat dilontarkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengenai dinas luar negeri yang beberapa waktu lalu dilakukan.

Terkait hal itu, Anies tidak masalah jika kepergiannya ke luar negeri disoroti dan bahkan dicatat oleh Mendagri. Namun, ia juga menegaskan bahwa perjalanannya ke luar negeri untuk bekerja.

"Saya rasa teman-teman juga punya catatannya, dan baik kalau diatur oleh Kemendagri. Karena dengan begitu maka Kemendagri nanti bisa mengatur mana pergi ke luar negeri untuk mendapatkan kerjasama, investasi, bisnis, dan pergi untuk jalan-jalan," ungkap Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

"Saya alhamdullilah setiap kali pergi justru untuk mengundang orang untuk datang ke Indonesia. Mengajak orang untuk kegiatan di Indonesia, termasuk untuk membawa formula E untuk bermain di sini. Nah itu harus dikerjakan dengan pergi ke luar negeri," ujarnya.

Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Budaya ini pun mengaku senang jika Tjahjo Kumolo memutuskan untuk terbuka terkait perjalanan ke luar negeri oleh pejabat. "Saya malah senang kalau ada peraturan terbuka dan diumumkan oleh Kemendagri karena dengan begitu saya bisa menunjukkan bedanya. Kalau saat ini orang tidak tahu pergi ke luar negeri itu apa, jalan-jalan studi banding, atau berbicara," ucap Anies.

"Kalau saya pergi saya pasti berbicara, pasti kegiatan resmi dengan pemerintah di sana. Jadi saya malah senang kalau itu diatur dan dibuka," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tjahjo menyinggung kepergian Anies ke Amerika Serikat selama 10 hari saat kursi wakil gubernur DKI tengah kosong.

"Ya sebagai contoh Pak Anies. Dia enggak ada wakil, tapi satu tahun berapa kali dia? Hampir sebulan dua, tiga kali. Ada loh gubernur hampir tiap minggu izin ke luar negeri, ada," kata Tjahjo.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini