Sempat Ditolak, Ustadz Felix Siauw Akhirnya Diizinkan Ceramah di Muslimah Day

CDB Yudistira, Okezone · Kamis 01 Agustus 2019 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 525 2086569 sempat-ditolak-ustadz-felix-siauw-akhirnya-diizinkan-ceramah-di-muslimah-day-94CpRQ4SqM.jpg Ustadz Felix Siauw (Istimewa)

BANDUNG – Kementerian Agama (Kemenag) mengizinkan Ustadz Felix Siauw mengisi kajian di acara Muslimah Day (The Amazing Ukhuwah) di GOR Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu 3 Agustus 2019. Asal isi ceramahnya tidak bertentangan dengan semangat NKRI dan tak bertentangan dengan perundang-undangan.

"Kegiatannya diizinkan sepanjang diarahkan untuk ukhuwah islamiyah,” kata Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Kanwil Kemenag Kota Bandung, Ali Abdul Latif terkait adanya penolakan kehadiran Felix Siauw oleh Forum Pasundan Bergerak, Kamis (1/8/2019).

Hal itu disampaikan Latif di sela memediasi antara panitia Muslimah Day dengan ormas yang menolak kehadiran Felix Siauw di Kanwil Kemenag Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat.

 Kemenag

Kemenag dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat memberikan rekomendasi izin untuk kegiatan Muslimah Day yang digelar Forum Shaf Muslimah dan tak membatasi kehadiran Felix Siauw untuk berceramah. Namun, Felix Siauw diingatkan agar berbicara dalam konteks NKRI.

"Kita memberikan (rekomendasi) sesuai ketentuan apabila kegiatan itu dalam rangka menjaga toleransi," ucap Ali Abdul Latif.

Kemenag berjanji memantau kegiatan tersebut termasuk kehadiran Felix Siauw. "Akan dilihat apakah rekomendasi dijalankan atau tidak," tuturnya.

Baca juga: Forum Pasundan Tolak Kehadiran Ustadz Felix Siauw di Muslimah Day

Edwin Senjaya pembina Forum Shaf Muslimah sekaligus panitia Muslimah Day menuturkan, konten ceramah Felix Siauw tak akan keluar koridor hukum atau undang-undang.

"Rekomendasi Kemenag dan MUI sudah keluar dan ada jaminan dari kita, enggak ada masalah," ucap Edwin yang juga merupakan pimpinan DPRD Kota Bandung.

Sementara Forum Pasundan Bergerak yang sebelumnya menolak Felix Siauw menerima rekomendasi diberikan Kemenag dan MUI. Mereka juga sudah mengizinkan Felix Siauw mengisi ceramah, namun meminta agar kesepakatan itu dipenuhi oleh panitia. Artinya ceramah Felix Siauw jangan keluar dari koridor yang sudah disepakati.

"Dengan pertemuan ini selaku pembina sudah membuat pernyataan dan bagi kami itu legal dan artinya siap tanggung jawab sekiranya keluar koridor," ujar Sekjen Forum Pasundan Bergerak, Ades.

Sebelumnya Forum Pasundan Bergerak menolak Felix Siauw berceramah di Muslimah Day karena dikhawatirkan isi ceramahnya membawa kepentingan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), organisasi yang sudah dibubarkan oleh pemerintah karena bertentangan dengan Pancasila.

“Ustadz Felix Siauw dalam setiap ceramah atau pematerinya selalu menyampaikan materi yang memecah persatuan bangsa serta sarat akan kepentingan suatu organisasi terlarang yaitu HTI dan bertentangan dengan ideologi Pancasila,” tutur Ades.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini