nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Distribusikan 4.540 Paket Daging Kurban Olahan Hotel Berbintang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 338 2091226 pemprov-dki-distribusikan-4-540-paket-daging-kurban-olahan-hotel-berbintang-qCLmpLU7FJ.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat pantau Dapur Kurban (foto: Twitter Anies Baswedan)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membagikan 4.540 paket daging kurban olahan hotel berbintang kepada orang-orang yang membutuhkan di beberapa wilayah Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, paket tersebut diserahkan kepada Yayasan, Masjid, Panti Asuhan, dan 9 lokasi masyarakat menengah ke bawah di Jakarta. Yaitu Kelurahan Manggarai, Kampung Melayu, Tanah Tinggi, Jatipulo, Jembatan Besi, Keagungan, Kapuk, Penjaringan, dan Kalibaru.

"Alhamdulillah masakan siap saji, siang ini sudah siap untuk didistribusikan ke kawasan prasejahtera," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

 Baca juga: Makna Kurban Bagi Anies Baswedan

Ia menjelaskan, pihaknya menggandeng Baznas, Bazis DKI, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rumah Zakat, Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI). Selain itu, juga bekerjasama dengan lima hotel berbintang, seperti Hotel Borobudur, Hotel Shangri-La, Hotel Dharmawangsa, Hotel Aston Pluit, dan Hotel Grand Cempaka.

 

View this post on Instagram

Pagi tadi meninjau langsung proses memasak Dapur Qurban 2019, salah satunya di Hotel Borobudur Jakarta. Diantar oleh General Manager Hotel Borobudur, Mr. James Costa dan kita langsung melihat proses pengolahan sajian Dapur Qurban di dapur hotel. Sangat bersih, rapi dan dari penampilannya saja masakan ini memiliki kualitas yang sama dengan sajian hotel bintang lima. Semua masakan ini dikemas dalam wadah yang praktis dan higienis sehingga cita rasanya terjaga hingga nanti diterima warga di kampung-kampung Jakarta. Kami sampaikan terima kasih atas dedikasi seluruh chef/juru masak, staf hotel yang telah menyumbangkan keahliannya, dari Hotel Borobudur, Hotel Shangri-La, Hotel Aston Pluit, Hotel Dharmawangsa dan Hotel Grand Cempaka. InsyaAllah hasil masakan Bapak/Ibu akan jadi kebahagiaan pada yang menerima dan membawa keberkahan bagi semua. #DapurQurban2019

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Anies berharap, program tersebut dapat meluas. Dengan begitu, para penerima daging kurban tak perlu mengeluarkan uang untuk mengolah daging.

"Kita berharap program ini bisa meluas, pelaksanaan seperti ini memungkinkan warga untuk tidak mengeluarkan biaya tambahan saat menerima daging kurban yang siap saji dan mengurangi potensi kebasian,' katanya.

 Baca juga: Ajak Keluarga, Anies Serahkan Sapi 1,2 Ton ke Masjid Fatahillah Balaikota

Sementara itu, total daging olahan dalam bentuk kaleng yang disiapkan Rumah Zakat sebanyak 3.500 kaleng. Yang terdiri dari 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang diolah menjadi rendang dan kornet.

"Daging olahan bentuk kaleng tersebut diserahkan kepada lembaga keagamaan, masjid, yayasan, dan Superqurban untuk Stok BPBD karena tahan lama," kata Anies.

Pemprov juga menggandeng lembaga Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI) yang turut berpartisipasi menjaga kualitas daging kurban siap saji. Sehingga, masyarakat dapat meyakini bahwa makanan yang diterimanya terjamin.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini