PDIP Raih Kursi Terbanyak di Kota Surabaya, 15 Calegnya Melenggang ke Parlemen

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 18:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 13 606 2091482 pdip-raih-kursi-terbanyak-di-kota-surabaya-15-calegnya-melenggang-ke-parlemen-sU0gWxBLV5.jpg Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri Beserta Jajaran Elite PDIP (foto: Arif Julianto/Okezone)

SURABAYA - KPU Surabaya, Jawa Timur telah menetapkan caleg terpilih yang berhak menjadi anggota DPRD Kota Surabaya periode 2019-2024. Setelah KPU Surabaya menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD dalam pileg 2019 di Novotel Surabaya, Selasa (13/8/2019).

PDIP memperoleh kursi paling banyak, yakni 15 kursi. Disusul PKB, Gerindra, Golkar dan PKS yang masing-masing memperoleh 5 kursi. Selanjutnya partai Demokrat dan PSI yang masing-masing memperoleh 4 kursi. Kemudian Nasdem dan PAN masing-masing memperoleh 3 kursi.

Baca Juga: KPU Banten Tetapkan 85 Anggota DPRD Terpilih, Ini Nama-namanya 

Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Surabaya (foto: Syaiful Islam/Okezone)

Terakhir PPP yang memperoleh 1 kursi. Total kursi yang diperebutkan dalam pileg 2019 sebanyak 50, yang tersebar pada 5 dapil di Kota Surabaya. Rapat pleno sendiri dihadiri Bawaslu, partai politik dan caleg terpilih.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi menjelaskan, pihaknya sudah menetapkan perolehan kursi masing-masing partai politik di DPRD Surabaya. Perolehan kursi terbanyak diraih PDIP dengan jumlah 15 kursi. Selain itu, pihaknya juga sudah menetapkan 50 nama caleg terpilih.

Kemudian nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Walikota Surabaya dan Gubernur Jawa Timur. Selanjutnya akan dilantik oleh Gubernur Jatim sebelum 24 Agustus 2019. Sebab masa bhakti anggota DPRD Surabaya sebelumnya berakhir pada 24 Agustus 2019.

"Soal pelantikan itu kewenangannya Kemendagri, dalam hal ini Gubernur. Sejauh ini 50 nama yang sudah kita tetapkan tadi tidak satu pun nama yang ditetapkan jadi tersangka," terang Nur Syamsi pada wartawan saat dikonfirmasi, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga: Gerindra Kuasai Tanah Jawara, 16 Calegnya Duduk di Parlemen 

Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Surabaya (foto: Syaiful Islam/Okezone)

Menurut Nur Syamsi, besok nama-nama terpilih akan disampakan ke Gubernur Jatim melalui Wali Kota Surabaya. Tugas KPU Surabaya menyampaikan nama-nama caleg terpilih ke Gubernur, kemudian yang akan melantik anggota dewan terpilih nantinya adalah Gubernur.

"Setelah penetapan ini, SK-nya akan dikirim ke Gubernur. Kemudian Gubernur yang akan melantik caleg terpilih," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini