nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inggris Khawatir Staf Konsulatnya Ditahan China

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 17:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 18 2094404 inggris-khawatir-staf-konsulatnya-ditahan-china-G3PaxUPX9S.jpg Simon Cheng-kit. Foto/Facebook

HONG KONG – China menahan staf konsulat Inggris di Hong Kong selama lebih dari 10 hari setelah melakukan perjalanan bisnis.

Simon Cheng tidak kembali bekerja pada 9 Agustus setelah mengunjungi kota tetangga Hong Kong, Shenzhen, lapor media HK01, mengutip wawancara dengan kekasihnya.

Baca juga: China Minta Kanada Tidak Ikut Campur Urusan Hong Kong

Baca juga: Kepolisian Hong Kong: Kami Tak Perlu Bantuan Beijing

Foto/Facebook

Seorang juru bicara untuk Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris menyatakan keprihatinan atas laporan bahwa Cheng ditahan.

“Kami sangat khawatir dengan laporan bahwa seorang anggota tim kami telah ditahan saat kembali ke Hong Kong dari Shenzhen. Kami memberikan dukungan kepada keluarganya dan mencari informasi lebih lanjut dari pihak berwenang di Provinsi Guangdong dan Hong Kong,” isi pernyataan tersebut.

Cheng adalah penduduk tetap Hong Kong yang pernah belajar di Taiwan dan Inggris.

Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya mendesak China agar menghormati konsep "satu negara, dua sistem" saat Hong Kong kembali ke China pada 1997.

Doakan saya

Pada pukul 10.37 malam waktu setempat pada hari Cheng meninggalkan Hong Kong, dia mengatakan kepada pacarnya bahwa dia berada di kereta api, "Berdoalah untukku," ujar Cheng memberi tahu pacarnya dalam pesan.

Kereta yang menghubungkan China daratan dan Hong Kong memiliki aturan pemeriksaan tidak dilakukan saat kereta tiba di tujuan akhir tapi diperiska pada pada pos pemeriksaan bersama di bawah tanah Kowloon Barat, yang dianggap sebagai wilayah China daratan.

Seorang petugas stasiun mengatakan kepada HK01 bahwa tidak ada penangkapan yang dilakukan di kantor polisi China daratan di Terminus Kowloon Barat pada 8 dan 9 Agustus.

Pacar Cheng mengatakan sebuah unit di Departemen Imigrasi, yang memberikan bantuan kepada penduduk Hong Kong di luar Hong Kong, Cheng berada di bawah penahanan administratif di China daratan, tetapi alasan dan lokasi penahanannya tidak diketahui.

Penahanan administratif di daratan dapat berlangsung selama 15 hari.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini