nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta Peluru di Jepang Melaju 280 Km/Jam dengan Pintu Terbuka

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 13:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 22 18 2095211 kereta-peluru-di-jepang-melaju-280-km-jam-dengan-pintu-terbuka-lhVZI6k0n9.jpg Foto: Reuters.

TOKYO – Sebuah kereta peluru di Jepang pada Rabu, melesat dengan kecepatan 280 kilometer per jam (km/j) selama sekira satu menit dengan salah satu pintunya terbuka lebar. Insiden yang terjadi karena kesalahan manusia itu, adalah kejadian langka untuk kereta peluru "Shinkansen" Jepang yang memiliki catatan keamanan dan ketepatan waktu yang terkenal di dunia.

Berdasarkan keterangan East Japan Railway yang dilansir AFP, Kamis (22/8/2019), kereta Hayabusa No 46 yang menuju Tokyo mengeluarkan suara keras saat berhenti darurat di sebuah terowongan tak lama setelah meninggalkan Stasiun Sendai di timur laut Jepang ketika kondektur melihat lampu peringatan bahwa pintu gerbong kesembilan terbuka.

BACA JUGA: Sekilas Tentang Kereta Shinkansen di Jepang

"Kondektur memeriksa kereta dan menemukan bahwa pintu itu benar-benar terbuka," kata juru bicara perusahaan kepada AFP.

"Sekira 340 penumpang ada di dalam kereta tetapi tidak ada yang terluka," katanya. Dia menambahkan bahwa kereta melanjutkan perjalanannya setelah pemeriksaan.

"Insiden itu terjadi setelah petugas kebersihan keliru membiarkan pintu kereta tidak terkunci sehingga mereka bisa membuka dan menutup secara manual," tambahnya.

BACA JUGA: Operator Kereta Jepang Minta Maaf Karena Kereta Berangkat 25 Detik Lebih Awal

"Kami dengan tulus meminta maaf atas kejadian itu," katanya, seraya menambahkan bahwa perusahaan akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah hal itu terjadi lagi.

Jepang adalah pelopor dalam jaringan kereta api berkecepatan tinggi dan dipuji karena ketepatan waktu dan langkah-langkah keselamatan mereka, termasuk sistem penghentian darurat, yang secara otomatis dapat memperlambat kereta sebelum terjadi gempa bumi besar.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini