nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Rotasi Pasukan Militer di Hong Kong

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 29 18 2098127 china-rotasi-pasukan-militer-di-hong-kong-B9BDASk5pQ.jpg iring-iringan militer China di Hong Kong. (Foto/Xinhua/The Guardian)

HONG KONG - Militer China merotasi pasukannya di Hong Kong di tengah aksi demontrasi yang sudah semakin serius

"Garnisun Hong Kong dari Tentara Pembebasan Rakyat China melakukan rotasi ke-22 pasukannya anggotanya pada dini hari Kamis," kata kantor berita China resmi Xinhua mengutip Reuters, (29/8/2019).

Perubahan pasukan dilaporkan telah disetujui Markas Besar Militer China, dengan menyebut bahwa langkah tersebut adalah rotasi tahunan yang normal serta sejalan dengan Undang-Undang Republik Rakyat China.

Baca juga: Kepolisian Hong Kong: Kami Tak Perlu Bantuan Beijing

Baca juga: Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik untuk Atasi Pedemo

Xinhua menampilkan foto-foto mobil lapis dan truk yang membawa pasukan di perbatasan Hong Kong, tetapi tidak ada keterangan apakah mereka lewat atau keluar dari Hong Kong.

Gambar juga menunjukkan sebuah kapal angkatan laut kecil yang tiba di Hong Kong.

Hong Kong sedang dalam kondisi protes sejak Juni 2019 oleh massa pro-demokrasi yang dipicu RUU ekstradisi yang sekarang ditangguhkan, namun ada kekhawatiran pemerintah pusat China akan mengendalikan Hong Kong sesusai hukum China daratan yang dianggap tidak demokratis seperti di Hong Kong.

Sejak diserahkan oleh Inggris pada 1997 ke China, Hong Kong menggunakan prinsip satu negara dua sistem.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini