nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivis Pro-Demokrasi Hong Kong, Joshua Wong Kembali Ditangkap

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 10:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 30 18 2098469 aktivis-pro-demokrasi-hong-kong-joshua-wong-kembali-ditangkap-RyD7RdzC4h.jpg Joshua Wong. (Foto: Reuters)

HONG KONG - Aktivis pro-demokrasi terkemuka Hong Kong, Joshua Wong telah ditangkap di Hong Kong. Hal itu disampaikan oleh Partai Demosisto yang dia dirikan melalui sebuah pernyataan.

Partai Demosisto mengatakan bahwa Wong "didorong paksa ke dalam mobil pribadi di jalan" saat berjalan ke stasiun kereta pada Kamis, sekira pukul 07:30 waktu setempat. Menurut keterangan Demosisto, Wong dibawa ke markas kepolisian di Wan Chai.

Sejauh ini belum ada komentar dari polisi.

BACA JUGA: Aktivis Demokrasi Hong Kong Ditangkap Thailand Atas Permintaan China

Keterangan Demosisto yang dilansir BBC, Jumat (30/8/2019) mengatakan bahwa Wong menghadapi tiga dakwaan, tetapi belum jelas dakwaan apa saja yang dimaksud.

Penangkapan aktivis itu terjadi sehari sebelum digelarnya rencana demonstrasi yang belum menerima persetujuan polisi.

Sementara itu, aktivis pro-kemerdekaan Hong Kong, Andy Chan mengatakan bahwa dia juga telah ditahan oleh polisi saat akan terbang dari Hong Kong ke Jepang pada Kamis malam. Menurut keterangan polisi yang dikutip media lokal HKFP, Chan ditangkap karena dicurigai melakukan kerusuhan dan menyerang seorang petugas polisi.

Pada Rabu, polisi mengatakan bahwa sekitar 900 orang telah ditangkap sejak demonstrasi, yang dipicu oleh RUU ekstradisi yang kontroversial, dimulai pada awal Juni. Dengan RUU ekstradisi sekarang ditangguhkan, aksi unjuk rasa telah berkembang menjadi gerakan pro-demokrasi yang lebih luas menuntut reformasi demokrasi dan penyelidikan atas dugaan kebrutalan polisi.

BACA JUGA: Sempat Dihukum 3 Bulan Penjara, Aktivis Demokrasi Hong Kong Bebas dengan Jaminan

Sementara demonstrasi itu dianggap tidak memiliki pemimpin, bagi banyak orang Joshua Wong adalah tokoh yang berpengaruh karena peran utamanya dalam demonstrasi 2014 yang dikenal sebagai "protes payung" Hong Kong.

Penangkapan terbaru Wong terjadi terjadi hanya beberapa pekan setelah dia dibebaskan dari penjara pada Juni, setelah menjalani hukuman untuk perannya dalam Gerakan Payung.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini