nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Veronica Koman Tersangka Provokasi Mahasiswa Papua Dijerat Pasal Berlapis

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 21:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 04 519 2100719 veronica-koman-tersangka-provokasi-mahasiswa-papua-dijerat-pasal-berlapis-0ZOJbeHzh9.jpg Kapolda Jatim, Irjen Luki (foto: Syaiful/Okezone)

SURABAYA - Penyidik Polda Jatim telah menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka dalam kasus dugaan provokasi mahasiswa Papua, di Jalan Kalalasan 10, Surabaya. Polisi menjerat tersangka dengan pasal berlapis.

Saat ini tersangka Veronica tidak ada di dalam negeri, melainkan berada di luar negeri. Petugas masih memburu tersangka. Bahkan menggandeng pihak Interpol untuk mencari keberadaan tersangka.

"Dikenakan pasal berlapis UU ITE, pasal 160 KUHP, UU nomor 1 tahun 1946 dan UU nomor 40 tahun 2008. Jadi ada 4 undang-undang," terang Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Rabu (4/9/2019).

 Baca juga: Wiranto Miliki Bukti Keterlibatan Asing dalam Kerusuhan Papua

Menurut Luki, pihaknya bekerjasama dengan interpol untuk mencari tersangka yang berada di luar negeri. Tersangka merupakan warga negara Indonesia, tapi keluarganya berdomisili di luar negeri.

"Peristiwa di Papua pada tanggal 18 Agustus sangat kuat VK ini keterlibatan di media sosial karena postingan sejak 17 Agustus. Saat ini ada 5 postingan sangat provokasi," tandas Luki.

 Baca juga: Pemerintah Siapkan Dana Rehabilitasi-Rekonstruksi Papua Pasca-Rusuh

Dalam insiden di Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Kalasan 10, Surabaya penyidik Polda Jatim telah menetapkan tiga tersangka. Pertama Tri Susanti, Samsul Arifin, dan terbaru Veronica Koman.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini