nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malaysia Tawarkan Bantuan ke Indonesia Padamkan Kebakaran Hutan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 14:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 11 18 2103451 malaysia-tawarkan-bantuan-ke-indonesia-padamkan-kebakaran-hutan-sP6Gkz2Og4.jpg Menteri Lingkungan Malaysia Yeo Bee Yin. (Foto/Malaymail)

KUALA LUMPUR - Malaysia menawarkan kepada Indonesia untuk memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera.

Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim (Mestecc) Malaysia Yeo Bee Yin mengutip New Strait Times, Rabu (11/9/2019) mengatakan dia dan pejabat kementerian lainnya serta pejabat Kementerian Luar Negeri prihatin atas asap kebakaran hutan Indonesia yang berdampak kepada masyarakat Malaysia.

"Kami menerima informasi dari Kementerian Luar Negeri bahwa duta besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar telah bertemu pejabat senior Indonesia untuk membahas asap [kebakaran hutan] yang saat ini mempengaruhi Malaysia," katanya dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Foto/Reuters

Dia mengatakan pemerintah Indonesia telah menyampaikan komitmennya untuk mengatasi kebakaran hutan dengan mengerahkan hampir 2.900 personel dan 1.677 sukarelawan untuk memadamkan kebakaran hutan.

Baca juga: Jarak Pandang Bandara Iskandar Hanya 700 Meter Akibat Kabut Asap, Penerbangan Delay

Baca juga: Anggota Manggala Agni Meninggal saat Padamkan Kebakaran Hutan

Sebanyak 1.994 personel di Sumatera dan 860 di Kalimantan.

Foto/Ist

Yeo mengatakan pemerintah Indonesia menggunakan 16 helikopter untuk melakukan pemboman air di tempat-tempat strategis di Kalimantan.

“Pemerintah Indonesia berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait untuk memastikan tindakan bersama diambil untuk mengatasi akar penyebab masalah,” kata dia.

"Pemerintah akan terus melakukan penyemaian awan (modifikasi cuaca) dan mengirim bantuan ke Indonesia jika mereka menerima tawaran itu," tambahnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini