nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Jadi Korban Cyberbullying, Akun Twitter Ratu Malaysia Ditutup

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 14:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 18 2104429 diduga-jadi-korban-cyberbullying-akun-twitter-ratu-malaysia-ditutup-JwFtj9m1IO.jpg Ratu Malaysia Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR – Ratu Malaysia, Raja Permaisuri Agong Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah secara tiba-tiba menutup akun Twitternya, membuat warga Malaysia terkejut, mengungkapkan kesedihan mereka. Sejak penutupan akun tersebut, tagar #AmpunTuanku dan “Pemaisuri Agong” menjadi tren di Twitter Malaysia, memohon sang ratu untuk mengaktifkan kembali akunnya.

Istri dari Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah itu dikenal sebagai sosok yang ramah di media sosial dan memiliki banyak penggemar di Malaysia. Namun, Tunku Azizah pada Rabu malam, 11 September tiba-tiba menon-aktifkan akun Twitter resminya @cheminahsayang.

BACA JUGA: Tampil Sederhana, Raja Malaysia Terlihat Bersantap di Restoran Nasi Lemak

Meski tidak ada pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak kerajaan mengenai penutupan akun tersebut, warganet dan pengguna Twitter Malaysia menduga tindakan itu merupakan akibat dari cyberbullying yang diterima Sang Ratu.

Sebelumnya pada perayaan Hari Merdeka, Tunku Azizah dikritik di media sosial karena dianggap mengambil terlalu banyak foto selama pawai. Beberapa pengguna media sosial bahkan mengatakan bahwa ia "berperilaku seperti anak kecil".

Sebagai tanggapan atas kritik-kritik tersebut, Raja Permaisuri Agong mengatakan dia mengambil foto dengan ponselnya selama parade Hari Nasional karena permintaan dari Raja Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah dan dia hanya mengikuti perintahnya.

Menyusul penutupan akun tersebut, puluhan ribu pengguna Twitter menyatakan kesedihan mereka dan memohon kepada Tunku Azizah untuk mengubah pikirannya dan mengaktifkan kembali akunnya.

"Saya harap Ratu kita yang tercinta akan mempertimbangkan kembali keputusannya. Dia membawa banyak kegembiraan kepada rakyat dengan tweetnya," kata pengguna Twitter Mikhail Hafiz, sebagaimana dilansir The Star, Jumat (13/9/2019).

BACA JUGA: Sultan Abdullah dari Pahang Dipilih Jadi Raja Baru Malaysia

Tangkapan layar yang menampilkan akun-akun yang memberikan komentar buruk terhadap Tunku Azizah juga beredar di Twitter, bahkan ke media sosial lainnya seperti WhatsApp dan Facebook.

Seorang pengguna yang tweet-nya ditampilkan dalam tangkapan layar tersebut telah menyampaikan permintaan maaf secara publik, mengatakan bahwa dia menyesali perbuatannya dan berharap dapat dimaafkan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini