nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100 Kios dan Rumah Warga di Asmat Papua Ludes Terbakar

Chanry Andrew S, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 14:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 17 340 2105909 100-kios-dan-rumah-warga-di-asmat-papua-ludes-terbakar-BRQMjaQR3D.jpg Kebakaran di Agats, Asmat, Papua (Foto: Istimewa)

AGATS - Kota Agats yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Asmat, Provinsi Papua yang dijuluki kota di atas papan dilanda kebakaran hebat dalam skala besar, pada Selasa (17/9/2019) dini hari.

Dalam peristiwa ini, sekira 100 kios dan rumah warga dilaporkan ludes terbakar.

Kebakaran di Agats, Asmat, Papua (Foto: Istimewa)

Kapolres Asmat AKBP Andy Henoch mengatakan, kebakaran terjadi pada dini hari sekira pukul 03.00 WIT. Besarnya api dan banyaknya material yang mudah terbakar menyebabkan pemadaman sedikit sulit dan berlangsung lama. Api baru dapat benar-benar dipadamkan pukul 07.00 WIT.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran berdasarkan ketengan warga di lokasi akibat korsleting listrik,” ujar Henoch saat dihubungi dari Jayapura, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, hasil pemeriksaan sementara terungkap ada warga yang sempat melihat salah satu meteran listrik terbakar. Api kemudian muncul dan merembet ke bangunan lainnya yang rata-rata terbuat dari kayu dan mudah terbakar.

“Tidak ada korban jiwa, namun belum diketahui dengan pasti berapa besar kerugian akibat kebakaran ini,” katanya.

Kebakaran di Agats, Asmat, Papua (Foto: Istimewa)

Untuk memastikan penyebab kebakaran, polisi saat ini masih melakukan penyelidikan, Sementara warga yang menjadi korban telah dievakusi ke rumah tetangga maupun kerabat.

"Ini musibah kebakaran paling besar di Asmat yang terjadi di musim kemarau," kata Latuconsina, seorang warga Agats.

Baca Juga : UU Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras & Etnis Harus Lebih Disosialisasikan

Warga lainnya Nasrianto mengatakan, dia bersama keluarga memilih mengungsi dari perumahan di Pasar Dolog ke Jalan Nusantara Satu. "Kami khawatir api merambat dengan cepat dan sudah sampai di Jalan Dolog. Kami sekeluarga langsung pindah," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini