nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Papua Imbau Warga agar Kembali ke Rumah Masing-Masing

Chanry Andrew S, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 02:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 07 340 2113602 kapolda-papua-imbau-warga-agar-kembali-ke-rumah-masing-masing-0byja6ZbUO.jpg Foto Istimewa

WAMENA - Setelah resmi menjabat sebagai Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw bergerak cepat untuk melakukan langkah-langkah pemulihan di Papua, khususnya di kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan mengambil langkah tegas penindakan hukum penindakan hukum terhadap para pelaku kerusuhan di Wamena yang terjadi pada 23 September 2019 lalu.

Bersama rombongan, Kapolda Papuamelakukan kunjungan ke Wamena, ibu kota kabupaten Jayawijaya, Minggu (06/10/2019).

Rombongan Kapolda Papua menggunakan pesawat komersial, Trigana Air IL 275 PK-YSK landing di Bandara Wamena dan dijemput oleh Karo Ops Polda Papua Kombes Gatot Haribowo, Dansat Brimob Polda Papua Jermias Rontini, Dansat Brimob Babel, Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda, Dandim 1702 / Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, dan para Perwira Brimob BKO, Polres Jayawijaya dan Kodim 1702 JWY.

 papua

Irjen Paulus langsung melakukan pemantauan di beberapa titik bekas kerusuhan beberapa waktu lalu. Dan juga melihat dari dekat melihat kondisi, pengungsi dan tiba di Gereja Lachairoi Hom-hom wamena untuk melihat kondisi pengungsi.

Ia disambut oleh Pdt. Purba yang dalam pertemuan tersebut menyampaikan, sejak kejadian kemarin belum ada dari Pemerintah daerah yang melihat kami disini. Pasca kejadian banyak terjadi pencurian dan penjarahan di rumah rumah kami.

"Kalau bisa ada pospol 1 disitu untuk menjaga masyarakat di sekitar tempat tinggal kami," kata Purba.

Dalam Kunjungan tersebut, Irjen Paulus menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir, silahkan lanjutkan kegiatan secara rutin, dan jika membutuhkan keamanan agar lapor kepada pihak keamanan setempat agar dipenuhi.

 SD

“Kita sudah melaksanakan rapat dengan Pak Gubernur dan kita usulkan untuk pembangunan rumah darurat, serta kementerian sosial sudah mendatakan untuk ke depan dibantu. Doakan saja agar bantuan tersebut bisa datang dalam waktu dekat. Kita minta agar tidak mendengar isu-isu yang berkembang, agar membantu kami dan berdoa agar pelaku segera tertangkap,” kata Irjen Paulus.

Diakhir peninjauan, ia menyampaikan hadir di wamena untuk memastikan keadaan situasi saat ini di Wamena.

“Kami keliling ke tempat pengungsian masih ada yang merasa khawatir, ragu tapi kami sudah menyentuh mereka, di pengungsian Sudah mulai berkurang, yakin bahwa kita semua sudah ada penebalan dari Brimob, TNI batalyon, kodam kita memberikan rasa tenang masyarakat wamena yang bekerja memiliki usaha disini, kami mengimbau kepada saudara saudara yang memiliki rumah bisa kembali ke rumah masing masing kami akan kawal, kami jaga,” sambungnya.

Ia juga menambahkan, untuk saudara-saudara yang sudah turun dan kembali ke daerah masing-masing dapat melihat situasi saat ini sudah mulai normal kembali, mulai besok Bapak Bupati dan pemerintah daerah sudah mulai aktifkan kegiatan sekolah, semua aktivitas sudah mulai normal kembali.

Dalam penjelasannya ia menyampaikan, pihaknya akan laksanakan monitoring diseputaran kota Wamena untuk memantau lokasi pembakaran rumah dan pengungsi yang ada di seputaran kota, Binmas Polres Jayawijaya untuk melaksanakan imbauan kepada masyarakat agar masyarakat dapat melaksanakan aktifitas seperti sedia kala dengan tidak ada rasa takut dan was-was serta tidak mudah terprovokasi adanya isu Hoax.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini