nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecam Kekerasan di Hong Kong, Menlu China Tuduh Pihak Asing Terlibat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 10:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 22 18 2120044 kecam-kekerasan-di-hong-kong-menlu-china-tuduh-pihak-asing-terlibat-RhejBCflBx.jpg Foto: Reuters.

PARIS - Menteri luar negeri China pada Senin, 21 Oktober mengecam kekerasan "yang tidak dapat diterima" oleh para demonstran di Hong Kong. Wang Yi mengatakan bahwa mereka telah didorong oleh "kekuatan asing" dalam melakukan aksinya.

"Apa yang terjadi di Hong Kong saat ini sama sekali bukan protes damai," kata Wang Yi dalam sebuah wawancara dengan AFP di Paris.

BACA JUGA: Demonstran Hong Kong Terekam Pukuli dan Coba Bakar Polisi dengan Molotov

"Ini kekerasan murni dan sederhana. Ini adalah tindakan yang tidak dapat diterima di negara mana pun," tambahnya, menuduh para demonstran menyerang polisi dan orang yang lewat dan melumpuhkan transportasi.

Hong Kong telah diliputi oleh protes yang semakin keras selama lebih dari lima bulan, dengan demonstran menuntut demokrasi yang lebih besar dan akuntabilitas polisi seiring dengan kekerasan yang semakin marak di kedua belah pihak.

China mengelola Hong Kong di bawah model khusus "satu negara, dua sistem" yang memberikan kota itu kebebasan tertentu tetapi memastikan kepemimpinan kota akhirnya menjawab kepada Beijing.

"Ada kekuatan asing yang mendorong kekerasan semacam ini di jalan-jalan dengan tujuan mengacaukan Hong Kong, menabur kekacauan... untuk menghapus kemajuan bersejarah yang dibuat sejak kebijakan 'satu negara, dua sistem' diterapkan," kata Wang.

Dengan "dukungan dari Beijing, Hong Kong akan terus menerapkan formula 'satu negara, dua sistem'," tegasnya. Dia juga membidik media asing, mengeluh bahwa beberapa dari mereka "menyebut kekerasan ini demokratis dan damai, sama sekali mengabaikan kenyataan".

Wang mengatakan bahwa media-media tersebut "tidak ragu untuk menggambarkan tindakan polisi sebagai kekerasan”. “Jika tuduhan seperti itu dapat dianggap sebagai kenyataan, bagaimana kita bisa membayangkan bahwa masih ada keadilan di dunia ini?"

BACA JUGA: Momen Demonstran Hong Kong Ditembak Polisi dari Jarak Dekat Terekam Kamera

Di Hong Kong pada Senin, puluhan ribu demonstran yang bergabung untuk unjuk rasa sore yang damai dengan cepat berubah menjadi kekacauan ketika kelompok-kelompok kecil pengunjukrasa melemparkan bom molotov dan batu ke kantor polisi, usaha-usaha milik China daratan dan beberapa pintu masuk stasiun kereta bawah tanah.

Polisi merespons dengan meriam air, gas air mata dan peluru karet, dalam bentrokan yang berlangsung hingga malam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini