nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putra Bos Narkoba Meksiko Pimpin Pembebasan Adik Tiri

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 26 Oktober 2019 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 26 18 2122077 putra-bos-narkoba-meksiko-pimpin-pembebasan-adik-tiri-cMkq9ejtRP.jpg Anggota Kartel Sinaloa dengan senjata berkeliaran di Culiacan. (Foto/Reuters)

MEXICO CITY – Ivan Archivaldo Guzman, pemimpin Los Chapitos, sayap dari Kartel narkoba Sinaloa, memimpin serangan ke pasukan keamanan demi membebaskan adik tirinya dari sebuah rumah di kota Culiacan, Meksiko.

Ayah Ivan adalah Joaquin "El Chapo" Guzman, gembong narkoba paling terkenal di Meksiko, yang sering kabur dari tahanan, sebelum dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Amerika Serikat pada tahun ini.

Sedangkan Ovidio Guzman, adik tiri Ivan ditangkap oleh pasukan keamanan Meksiko pada 17 Oktober di Culiacan. Ratusan pria bersenjata Kartel Sinaloa yang bersenjata berat kemudian memaksa pembebasannya.

Serangan itu mempertanyakan strategi keamanan Meksiko. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, bersikeras bahwa pembebasan itu diperlukan untuk melindungi kehidupan warga sipil dan personel keamanan.

Baca juga: Putra El Chapo Dibebaskan Setelah Kartel Ubah Kota Jadi Medan Perang

Baca juga: 15 Orang Tewas dalam Penembakan Massal di Meksiko

Menteri Keamanan Alfonso Durazo mengatakan Ivan Archivaldo telah memainkan peran penting.

"Dia adalah salah satu yang memimpin mobilisasi berbagai unsur kriminal di Culiacan," kata Durazo.

Ia juga menyangkal bahwa Ivan telah ditangkap.

"Ivan Archivaldo tidak berada di rumah saat penggerebekan oleh personel keamanan," katanya.

Seorang pejabat keamanan senior mengatakan kepada Reuters bahwa Ovidio ditemukan di rumah itu bersama rekannya, dua putri mereka, dan dua penjaga. Pejabat itu meminta untuk tidak disebutkan namanya karena ia tidak berwenang berbicara kepada media.

Kartel Sinaloa, bersama dengan Kartel Generasi Baru Jalisco, adalah organisasi perdagangan narkoba terbesar dan paling kuat di Meksiko.

Sejak El Chapo dipenjara, rekannya Ismael "El Mayo" Zambada telah mengambil peran sebagai koordinator yang mengawasi beberapa faksi dalam organisasi, kata seorang pejabat di Departemen Kehakiman AS kepada Reuters.

Empat anak lelaki El Chapo, yang dipimpin oleh Ivan Archivaldo, membentuk satu kelompok yang dikenal sebagai Los Chapitos, atau "Chapo kecil."

Sedangkan saudara laki-laki El Chapo mengepalai unit lain, dan bersama bos narkoba kawakan Rafael Caro-Quintero, kata pejabat itu. Dalam wawancara tahun 2018 dengan majalah Meksiko, Caro-Quintero membantah bahwa dia masih seorang pengedar narkoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini