nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah-Rumah Raja Narkoba Meksiko Dilelang untuk Beli Alat Musik Band Sekolah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 04 18 2125610 rumah-rumah-raja-narkoba-meksiko-dilelang-untuk-beli-alat-musik-band-sekolah-pagTPRW60U.jpg Joaquin "El Chapo" Guzman. (Foto: Reuters)

CULIACAN - Beberapa properti milik Raja Narkoba Meksiko, Joaquin “El Chapo” Guzman, yang kini menjalani hukuman seumur hidup di Amerika Serikat (AS), akan dilelang oleh Pemerintah Meksiko.

Enam properti yang akan dilelang terletak di Culiacan, Ibu Kota Negara Bagian Sinaloa barat laut di Meksiko, yang merupakan basis operasi utama kartel Sinaloa yang dipimpin Guzman. Semua rumah dilengkapi dengan perabotan, peralatan rumah tangga, dan kasur.

BACA JUGA: Raja Narkoba El Chapo Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup oleh Pengadilan AS

Dari melihat foto-foto property-properti tersebut, sulit untuk mengatakan bahwa mereka milik salah satu raja narkoba paling kejam di Meksiko. Namun, yang membedakan mereka dari rumah biasa adalah bahwa setiap bangunan itu memiliki terowongan pelarian yang terhubung ke sistem drainase kota. Guzman menggunakan mereka untuk menghindari polisi selama bertahun-tahun.

Kecintaannya pada rute bawah tanah benar-benar membantunya di tahun 2015, saat dia melakukan pelarian yang terkenal dari penjara melalui terowongan yang digali langsung ke kamar mandi di selnya.

Diwartakan RT, salah satu rumah yang dilelang berisi terowongan serupa di bawah bak mandi, yang memiliki lubang yang diaktifkan dengan sakelar. Beberapa properti memiliki batang logam di jendela, dan satu property memiliki gerbang logam yang diperkuat yang hancur selama serangan polisi pada 2014.

Lelang itu akan berlangsung pada 10 November dengan mematok harga untuk rumah-rumah itu mulai dari 19,4 juta peso (sekira Rp14,2 miliar). Lelang tersebut diadakan oleh Institut yang dikelola pemerintah untuk mengembalikan barang yang dicuri kepada rakyat, yang didirikan untuk menjual properti yang disita dari pejabat korup dan gangster.

BACA JUGA: Putra El Chapo Dibebaskan Setelah Kartel Ubah Kota Jadi Medan Perang

Kepala organisasi itu, Ricardo Rodriguez Vargas, mengatakan uang dari lelang akan digunakan untuk membeli alat musik untuk band-band sekolah di Negara Bagian selatan Oaxaca.

Pada Juli, Guzman dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan AS.

Bulan lalu, kartel melancarkan serangan besar-besaran terhadap Culiacan, berusaha membebaskan putra El Chapo, Ovidio Guzman, dari penahanan polisi. Pertempuran pecah di jalanan kota itu selama berjam-jam sampai pihak berwenang memutuskan untuk membebaskan pria itu untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini