nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

121 Santri di Ponorogo Diduga Keracunan Usai Makan Ikan Tongkol

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 18 November 2019 10:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 18 519 2131151 121-santri-di-ponorogo-diduga-keracunan-usai-makan-ikan-tongkol-Y6HK5j7txj.jpg Sebanyak 121 santri di Ponorogo yang diduga keracunan ikan tongkol dirawat di rumah sakit. (Foto: Polres Ponorogo/Okezone/Ist)

PONOROGO – Ratusan santri Pondok Pesantren Darul Fikri di Desa Bringin, Kecamatan Kauman, Ponorogo, Jawa Timur, diduga keracunan setelah menyantap makan malam yang disajikan pihak pengurus pada Minggu 17 November 2019 malam.

Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, Senin (18/11/2019), sampai dini hari tadi setidaknya ada sebanyak 121 santri yang mendapat perawatan di rumah sakit kejadian ini.

Baca juga: Santap Malam di Acara Pernikahan, Puluhan Warga Keracunan Massal 

Para santri tersebut dirawat di empat rumah sakit yang ada di Kabupaten Ponorogo. Masing-masing adalah RSUD Dokter Harjono Ponorogo sebanyak 64 santri, RSU PKM Ngrandu 20 santri, RS PKM Kauman 23 orang, dan 14 santri putri di RS Aisyah Ponorogo.

Sebagian besar korban merupakan siswa-siswi madrasah sanawiah (MTs) dan madrasah aliah (MA) yang dalam pengelolaan makan sehari-hari menjadi satu di satu dapur di ponpes.

Kejadiannya bermula pada Minggu 17 November 2019 sekira pukul 19.30 WIB. Kala itu ratusan santri tiba-tiba mengeluh kepala pusing, perut mual, dan mata merah setelah menyantap hidangan ikan tongkol.

Baca juga: Santap Ayam Goreng di Persami, Ratusan Siswa Keracunan 

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia menyebut para santri diduga keracunan setelah menyantap hidangan makan malam dengan lauk ikan tongkol.

"Para santriwan dan santriwati diduga keracunan usai makan malam dengan lauk ikan laut jenis tongkol yang dibeli dari pedagang dari Kecamatan Sawoo," ujar Arief saat dikonfirmasi Okezone.

Ia mengatakan, para korban yang diduga keracunan rata-rata mengungkapkan kepalanya pusing, perut mual, dan mata merah. Berdasarkan pengamatannya, para santri diduga mengalami keracunan.

Baca juga: Belasan Warga Keracunan Usai Santap Gulai Kambing 

Sampai Senin pagi, total 26 santri dilaporkan masih menjalani rawat inap di RSUD Dokter Harjono dan RSU PKM Kauman.

"Saat ini petugas kami sedang melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan korban dan saksi," jelasnya.

Baca juga: 40 Siswa SD Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Keracunan Lemper 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini