nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jatim Sita Rp2,6 Miliar dari Rekening Pacar Otak Kasus Spamming

Syaiful Islam, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 21:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 06 519 2138971 polda-jatim-sita-rp2-6-miliar-dari-rekening-pacar-otak-kasus-spamming-QWbzpQ1RBK.jpg Polda Jatim sita uang hasil Spamming (Foto : Okezone.com/Syaiful)

SURABAYA - Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim terus mengembangkan kasus spamming yang diotaki oleh tersangka Hendra Kurniawan warga Surabaya. Terbaru polisi menyita uang sebesar Rp 2,6 miliar dari rekening pacar Hendra, Novi Rosalina.

Dalam kasus ini, polisi menangkap 18 tersangka. Sebagian besar tersangka merupakan lulusan SMK yang direkrut oleh Hendra. Mereka rata-rata berusia 18 tahun sampai 24 tahun. Para korbannya berasal dari luar negeri.

Ilustrasi

Spamming sendiri adalah menggunakan akun email dan password orang lain, termasuk menggunakan kartu kredit orang lain untuk melakukan transaksi. Dari kegiatan ini digunakan untuk menjalankan bisnis developer advertising.

Data yang diambil dari orang asing digunakan untuk pembayaran masuk ke dalam Google.com untuk proses Advertising atau Developer. Uang yang dikumpulin oleh tersangka Hendra ditransfer ke banyak rekening.

"Dari hasil pengembangan yang dilakukan penyidik, kami menyita uang sebesar Rp 2,6 miliar untuk dijadikan barang bukti dalam kasus spamming," terang Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan pada wartawan Jumat (6/12/2019).

Baca Juga : 18 Pelaku Kasus Spamming Ditangkap, Kelompoknya Dapat 40 Ribu Dolar AS Setahun

Menurut Luki, uang sebesar tersebut disita dari rekening pacar tersangka Hendra yakni NR (Novi Rosalina). Selain uang miliaran rupiah, polisi juga menyita mobil pajero warna putil nopol L 1784 IJ dan mobil fortuner warna hitam nopol L 1673 WQ dari tersangka Hendra.

"Penyidik koordinasi dengan PPATK untuk kemungkinan adanya tindak pidana pencucian uang," tandas Luki.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini