Truk Pasir Tabrak Ruko di Cianjur, 3 Orang Tewas

Rabu 18 Desember 2019 13:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 18 525 2143371 truk-pasir-tabrak-ruko-di-cianjur-3-orang-tewas-UtYOkuIgFr.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

CIANJUR – Truk bermuatan pasir menabrak sebuah ruko di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), Selasa 18 Desember 2019 malam. Akibatnya, satu keluarga yang tinggal di ruko tertimbun reruntuhan bangunan.

Tiga di antaranya tewas sedangkan dua orang selamat dan dilarikan ke RSUD Cianjur. Tiga korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan truk maut di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur itu, yakni Abunawas (52), Muhamad Sueb (7), dan Muhamad Haedar (4). Sementara dua korban yang selamat, yakni Dede Marni (25) dan Amelia (1).

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan yang Merenggut Nyawa Putra KH Hasyim Muzadi di Tol Pandaan-Malang 

Petugas sempat kesulitan mengevakuasi para korban yang tertimpa bangunan. Polisi dan petugas pemadam kebakaran (damkar) harus mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan material bangunan ruko karena hancur setelah ditimpa truk nomor polisi B 9995 BYV bermuatan pasir.

Ilustrasi

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Ricky Adipratama mengatakan, kecelakaan tersebut diduga karena truk yang dikemudikan Dendi (21), warga Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, mengalami rem blong. Kronologi kecelakaan berawal saat truk yang melaju dari arah Cianjur menuju Sukabumi, mengalami mati mesin ketika melewati tanjakan.

Karena beban truk yang terlalu berat dan rem tidak berfungsi, truk malah melaju mundur. Truk kemudian menimpa satu ruko grosir milik warga yang ditempati oleh satu keluarga berjumlah lima orang, hingga akhirnya terhenti. Para korban yang saat itu sedang tertidur tidak sempat menyelamatkan diri sehingga tertimbun reruntuhan bangunan ruko.

“Kejadiannya sekitar pukul 23.30 WIB. Truk Hino sedang menanjak ke arah Sukabumi. Diperkirakan karena beban yang berat, sempat berhenti hingga mundur dan menabrak ruko. Di dalam ruko tersebut, ada sekitar lima orang, satu keluarga. Dua selamat dan tiga tertimbun,” kata Ricky Adipratama, Rabu (18/12/2019) seperti dikutip dari iNews.id.

Ricky mengatakan, tiga orang dipastikan tewas tertimpa reruntuhan bangunan. Sementara dua orang yang selamat segera dilarikan ke RSUD Cianjur untuk mendapatkan penanganan pihak medis.

Baca Juga: "Adu Kambing" Pemotor, Satu Tewas Satu Kritis 

Polisi dibantu petugas damkar dan warga berupaya mengevakuasi para korban. Setelah berupaya keras, evakuasi seluruh korban yang tertimbun reruntuhan bangunan berhasil dilakukan.

Pascakecelakaan, petugas kepolisian langsung mengamankan sopir dan kernet truk maut tersebut. Hingga kini, mereka masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Cianjur. Polisi juga meminta keterangan dari sejumlah warga yang melihat kecelakaan. “Saat ini sopir masih diperiksa,” katanya.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini