nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jatim Pastikan 5 Supercar yang Disita Ilegal

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 10:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 19 519 2143733 polda-jatim-pastikan-5-supercar-yang-disita-ilegal-tBIQE8zSx4.jpg Supercar yang disita Polda Jawa Timur (Foto: Syaiful Islam)

SURABAYA - Polda Jawa Timur (Jatim) memastikan 5 supercar yang telah disita adalah ilegal. Ini diketahui setelah petugas melakukan cek fisik terhadap kelima supercar tersebut.

Supercar itu tidak teridentifikasi di data Elektronik Registrasi dan Identifikasi (ERI) Kendaraan Bermotor. Kelima supercar itu meliputi 3 unit Ferrari, 1 unit Lamborghini, dan 1 unit Mc Laren.

Kasus tersebut akan dilimpahkan ke Ditreskrimsus Polda Jatim, yang sebelumnya ditangani Dirlantas Polda Jatim.

"Dari kelima (supercar) yang sudah kita identifikasi dari registrasi, ternyata tidak masuk database Korlantas Mabes Polri maupun Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Kita pastikan barang itu (supercar) hasil dari pada ilegal yang nantinya kita selidiki," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kamis (19/12/2019).

Baca Juga: DPR Kritik Cara Polisi Razia Mobil Mewah di Surabaya 

Supercar yang disita Polda Jatim

Menurut Barung, kelima mobil itu akan dibuatkan pelimpaham ke Ditreskrimsus dalam rangka penyidikan. Pihaknya memastikan dalam kasus ini ada 2 tindak pidana, yakni tindak pidana pabean dan tindak pidana pajak.

"Ini bukan mobil agen tunggal merek di Indonesia seperti Honda, Toyota dan Datsun, mobil ini spesifikasi dari luar maka kita akan panggil orang yang ahli untuk lakukan cek fisik," ujarnya.

Seperti diketahui, Polda Jatim mengamankan 14 mobil mewah atau supercar. Dari 14 supercar, hanya satu supercar yang diambil pemiliknya setelah menunjukkan STNK dan BPKB. Sedangkan sisanya masih berada di Polda Jatim.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini