nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lopez Obrador: Raja Narkoba Meksiko Dulu Punya Kekuasaan Setara Presiden

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 02 18 2148454 lopez-obrador-raja-narkoba-meksiko-dulu-punya-kekuasaan-setara-presiden-5sQSYvJAT3.jpg Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menyatakan berakhirnya hari-hari kolusi antara pelaku kejahatan dengan pejabat pemerintah. Dalam sebuah pidato liburan Obrador mengatakan bahwa ada saat di mana raja narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman sama kuatnya dengan presiden negara itu.

Obrador, yang menjabat pada Desember 2018, berkuasa dengan janji untuk membasmi korupsi di Meksiko. Dia memuji kemajuannya yang telah dicapainya menuju tujuan itu dalam pidato Malam Tahun Barunya di reruntuhan Palenque, Meksiko selatan.

BACA JUGA: Dituduh Lindungi Kartel Narkoba, Eks Menteri Meksiko Ditangkap di AS

"Ada suatu masa ketika Guzman Loera sekuat, atau memiliki pengaruh, yang dimiliki presiden pada waktu itu," kata Lopez Obrador sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (2/1/2020). “Itu membuatnya sulit untuk menghukum mereka yang telah melakukan kejahatan. Itu sekarang sejarah."

Bulan lalu, Genaro Garcia Luna, seorang mantan pejabat pemerintah Meksiko yang bertanggung jawab atas keamanan publik, didakwa di Amerika Serikat (AS) menerima suap jutaan dolar dari kartel narkoba Sinaloa yang pernah dijalankan oleh Guzman.

Lopez Obrador mengatakan pemerintahnya tidak akan menyelidiki mantan Presiden Felipe Calderon, yang memimpin Meksiko saat itu. Namun, dia menambahkan pemerintah Meksiko akan bekerja sama dengan otoritas AS dalam penyelidikan Garcia Luna, yang pindah ke Negeri Paman Sam pada 2012.

Guzman tahun lalu dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat dan dipindahkan ke fasilitas keamanan tinggi di Colorado setelah dinyatakan bersalah di pengadilan AS karena menyelundupkan berton-ton narkoba ke negara itu selama karier kriminalnya yang berlangsung selama puluhan tahun.

BACA JUGA: Raja Narkoba El Chapo Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup oleh Pengadilan AS

Dia menjadi hampir legenda karena dua kali melarikan diri dari penjara keamanan tinggi Meksiko dan menghindari perburuan besar-besaran, sambil mengembangkan citra sebagai Robin Hood di kalangan warga miskin di Sinaloa.

Dalam pidatonya pada Selasa, Obrador mengakui bahwa pemerintahnya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, terutama dalam mengekang merajalelanya kekerasan, tetapi menggambarkan upaya anti-korupsi sebagai titik kebanggaan pemerintahnya.

"Kami memurnikan kehidupan publik sehingga ada otoritas moral," kata Lopez Obrador.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini