nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

121 Kepala Keluarga Terisolasi Akibat Meluapnya Sungai Balusu

Herman Amiruddin, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 21:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 340 2152097 121-kepala-keluarga-terisolasi-akibat-meluapnya-sungai-balusu-NbTL7Z9CRc.jfif Ilustrasi (Okezone)

MAKASSAR - Sejumlah warga Dusun Buludua, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, terisolasi lantaran hujan deras yang melanda membuat Sungai Balusu meluap. Dari data awal yang diperoleh, sebanyak 121 kepala keluarga (KK) tersolasi akibat banjir tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Ni'mal Lehamang mengatakan hujan yang mengguyur Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Barru mengakibatkan satu kampung warga terisolasi.

"Satu dusun yang ada di wilayah pesisir tersebut terisolir akibat meluapnya salah satu sungai di wilayah itu," ujarnya Minggu (12/1/2020).

Ilustrasi Banjir

Informasi yang dapatkan kata Ni'mal bahwa banjir yang membuat satu dusun itu terisolir karena curah hujan tinggi sejak Sabtu 11 Januari 2020, hingga pagi tadi.

Hujan dengan intensitas tinggi tersebut membuat Sungai Balusu naik atau meluap dan membanjiri dusun itu. Karena genangan banjir dan arus sungai yang meluap cukup deras.

"Warga tidak bisa mengungsi. Karena genangan banjir dan arus sungai yang meluap cukup deras. Jumlah KK yang terisolir ada 121 (data awal)," ungkapnya.

Dari data awal yang diterima BPBD Sulsel, sejak tadi pagi hingga sore ini, tidak ada korban jiwa akibat banjir yang terjadi di Dusun Bulu Dua, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Baca Juga : 9 Rumah Kebakaran, Kerugian Ditaksir hingga Miliaran Rupiah

Baca Juga : Tebing 12 Meter di Cianjur Longsor, Polisi Berlakukan Buka-Tutup

Saat ini tim yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Barru dan Tanggap Bencana (Tagana) berada di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap ratusan kepala keluarga yang terjebak. "Kami lagi menunggu info, kami sudah menghubungi mungkin mereka lagi dilokasi," kata dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumya telah memperkirakan beberapa wilayah di Sulawesi Selatan bakal terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai dengan angin kencang. Salah satunya adalah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Selain itu wilayah lainnya adalah Pangkep, Maros, Makassar, Takalar, dan Gowa. (aky)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini