nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Beberapa Daerah di Bandung Jarang Hujan

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 13:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 14 525 2152698 ini-penyebab-beberapa-daerah-di-bandung-jarang-hujan-FhqDhbOtkh.jpg foto: ilustrasi

BANDUNG - Meski sedang memasuki puncak musim hujan, cuaca di Kota Bandung tampak berawan. Hal itu disebabkan, karena adanya badai tropis di wilayah Timur yang berdekatan dengan Australia yang mempengaruhi pola angin di beberapa wilayah Jawa Barat.

"Jadi satu minggu terakhir ini kan Kota Bandung cuacanya berawan, jadi di beberapa lokasi masih ada hujan ringan sebenarnya. Itu salah satu penyebabnya karena memang di minggu ini ada badai tropis di Selatan Nusa Tenggara Timur atau di dekat Australia yang itu memengaruhi pola angin di wilayah Jabar ini," kata Kepala BMKG Bandung Toni Agus Wijaya, saat ditemui di Mapolrestabes Bandung pada kegiatan rapat kordinasi bencana alam, Selasa (14/1/2020).

Hal itu, lanjut Toni, membuat awan hujan berkurang. Sehingga di wilayah Bandung Raya dan Jabar bagian selatan curah hujannya berkurang.

"Tapi di Pantura seperti Indramayu, Cirebon, Kuningan, dan Majalengka itu masih terjadi hujan. Jadi memang wajar di musim hujan itu bukan berarti sepanjang hari terjadi hujan tapi ada hari-hari tertentu terjadi istilahnya jeda hujan," katanya.

 cuaca

Selain itu, penyebab lain fenomena cuaca ini, terdapatnya Badai Tropis Claudia dan Badai Tropis Blake di sekitar Australia, yang membuat pola angin berubah dan menyebabkan curah hujan berkurang.

"Tapi ini hanya sesaat, kalau gangguannya sudah punah atau hilang maka kita kembali ke musim hujan yang normal atau rutin. Apalagi bulan Januari dan Februari ini kan puncak musim hujan," katanya.

"Jadi badai ini hanya sebentar. Paling lama dua hari lagi badai tropisnya punah atau hilang maka kita kembali lagi ke musim hujan lagi. Ini baru Januari, nah Februari nanti juga masih tinggi curah hujannya maka perlu diantisipasi," sambungnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini