nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jepang Konfirmasi Seorang Pria Terjangkit Virus Misterius Pneumonia Wuhan China

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 16:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 18 2153836 jepang-konfirmasi-seorang-pria-terjangkit-virus-misterius-pneumonia-wuhan-china-0sYwxDAsZP.jpg Ilustrasi. (Foto/Shutterstock)

TOKYO – Jepang mengonfirmasi seorang pria China terjangkit virus misterius pneumonia atau radang paru-paru usai bepergian ke kota Wuhan, China.

South China Morning Post yang mengutip Kementerian Kesehatan Jepang melaporkan pria yang terjangkit virus misterius itu berusia 30anitu tinggal di prefektur Kanagawa, di Tokyo.

Ia mengalami demam pada 3 Januari di China, sebelum kembali ke Jepang tiga hari kemudian.

Pria yang tidak disebut namanya itu kemudian dirawat di rumah sakit selama seminggu, namun telah dipulangkan setelah kesehatannya membaik.

Baca juga: Virus Misterius Pneumonia Mewabah, WNI di Hong Kong Diimbau Hindari Pasar Unggas

Baca juga: Puluhan Orang di Kota Wuhan China Terinfeksi Virus Misterius

Sementara China telah meningkatkan upayanya demi menecegah penyebaran virus radang paru misterius tersebut. Hingga saat ini sudah 44 orang di Wuhan dinyatakan positif, termasuk korban meninggal.

Bandara Internasional Wuhan telah memasang sensor suhu elektronik di semua terminal. Sensor tersebut mampu merekam suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius. Jika suhu di atas yang ditetapkan, otoritas bandara akan mengkarantina penumpang tersebut untuk sementara.

Pihak berwenang China juga sedang melakukan penyelidikan atas kasus wabah pneumonia atau radang paru misterius yang telah menginfeksi puluhan orang di pusat kota Wuhan.

Komisi Kesehatan Wuhan mengatakan pada Jumat 3 Desember bahwa pihaknya sedang menyelidiki penyebab wabah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, mereka mengesampingkan sejumlah sumber infeksi, termasuk influenza, flu burung dan penyakit pernapasan umum, tetapi tidak menyebutkan Sars.

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa virus tidak menular dari manusia ke manusia. Namun dari sejumlah orang yang terinfeksi virus, itu merupakan pekerja di pasar makanan laut di kota Wuhan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini