nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Jadi Anggota Kompolnas? Simak Caranya Berikut Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 10:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 22 1 2156459 ingin-jadi-anggota-kompolnas-simak-caranya-berikut-ini-tp873MgYj9.jpeg Pendaftaran calon anggota Kompolnas (Foto: dok.Kompolnas)

JAKARTA - Bagi Anda yang berminat untuk menjadi anggota kompolnas, segera persiapkan diri Anda karena Komisi Kepolisian Nasional sedang membuka lowongan. Proses seleksi calon Anggota Kompolnas periode 2020 – 2024 ini telah berlangsung dari 17 Januari 2020 hingga 7 Februari 2020.

Lembaga ini bertugas untuk membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Sesuai dengan pasal 28 Peraturan Presiden Nomor 17 tahun 2011 tanggal 4 Maret 2011 tentang Komisi Kepolisian Nasional, calon Anggota Kompolnas harus memenuhi persyaratan antara lain:

a. Warga Negara Republik Indonesia;

b. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

c. Berumur paling rendah 40 (empat puluh) tahun dan paling tinggi 65 (enam puluh lima) tahun pada saat proses pemilihan;

d. Memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela;

e. Memahami Tugas Pokok, Fungsi Dan Peranan Kepolisian Dan Mempunyai Visi Tentang Reformasi Kepolisian;

f. Sehat jasmani dan rohani;

g. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana karena melakukan tindak pidana kejahatan;

h. Bersedia melaporkan harta kekayaan;

i. Tidak menjadi anggota partai politik

j. Berijazah Sarjana Hukum atau Sarjana lain yang memiliki keahlian dan pengalaman sekurang-kurangnya 15 (lima belas) tahun dalam bidang hukum, ekonomi, keuangan atau perbankan;

k. Bersedia tidak menjalankan profesinya sebagai advokat selama menjadi anggota Kompolnas;

l. Khusus bagi calon Anggota Kompolnas yang berasal dari unsur pakar kepolisian, harus memenuhi persyaratan sarjana yang berpengalaman kerja paling kurang 15 (lima belas) tahun pada lembaga kepolisian/ penegak hukum atau akademisi dibidang ilmu kepolisian/ hukum

m. Khusus bagi calon Anggota Kompolnas yang berasal dari unsur tokoh masyarakat harus memenuhi persyaratan berpengalaman sebagai pengurus aktif organisasi kemasyarakatan yang bertaraf nasional selama paling kurang 5 (lima) tahun

n. Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas diselenggarakan mulai tanggal 17 Januari 2020 s/d 7 Februari 2020 pada jam 08.00 WIB s/d 16.00 WIB (hari kerja). Berkas pendaftaran hanya dapat diajukan oleh yang bersangkutan dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Kompolnas dibuat di atas kertas bermeterai cukup (Rp6.000).

Permohonan pendaftaran harus sudah diterima oleh Panitia Seleksi selambat-lambatnya tanggal 7 Februari 2020 jam 16.00 WIB dengan melampirkan :

a. Daftar Riwayat Hidup;

b. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan Fotokopi NPWP, dengan membawa aslinya;

c. Fotokopi Ijazah dilegalisir oleh perguruan tinggi yang bersangkutan/instansi yang berwenang baik S1, S2,maupun S3;

d. Surat Keterangan pengalaman kerja dari instansi tempat kerja;

e. Pas foto terbaru 3 ( tiga) lembar ukuran (4x6) dengan latar belakang berwarna merah;

f. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari dokter pada Rumah Sakit;

g. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Instansi yang terkait;

h. Surat Keterangan Catatan Kepolisian asli dan masih berlaku;

i. Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai Rp6.000,- dan bertanggal yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak menjadi anggota salah satu partai politik;

j. Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai Rp6.000,- dan bertanggal, bahwa apabila terpilih menjadi Anggota Kompolnas bersedia:

a. Tidak menjalankan profesinya selama menjadi Anggota Kompolnas;

b. Melaporkan harta kekayaannya.

k. Melampirkan Surat Keterangan sebagaimana tertera pada persyaratan poin (l) dan (m) bagi Calon yang berasal dari unsur pakar kepolisian dan unsur tokoh masyarakat;

l. Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai Rp6.000,- dan bertanggal, bahwa semua dokumen / berkas yang diserahkan kepada Panitia Seleksi Calon Anggota Kompolnas adalah benar dan dapat dipertanggung-jawabkan menurut hukum.

Bagi Anda yang berminat, temukan informasi lebih lanjut dan lakukan pendaftaran via link https://kompolnas.go.id/. (adv)

(wil)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini