nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Pernah Kunjungi China, Sopir Bus di Jepang Terinfeksi Virus Korona

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 11:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 18 2159963 tak-pernah-kunjungi-china-sopir-bus-di-jepang-terinfeksi-virus-korona-zdAaX9HA94.jpg Foto: Reuters.

TOKYO - Seorang sopir bus jarak jauh di Jepang telah terinfeksi dengan virus korona baru meskipun belum pernah bepergian ke China. Pejabat setempat mengatakan bahwa sopir bus itu melakukan kontak dengan pengunjung dari China dalam kasus penularan domestik pertama yang terjadi di Jepang.

Dalam pernyataan pejabat Kementerian Kesehatan Jepang yang dilansir Reuters, Rabu (28/1/2020) disebutkan bahwa pria berusia 60-an dari prefektur Nara itu melakukan kontak dengan pengunjung dari Wuhan, China. antara 8-16 Januari.

BACA JUGA: Wabah Virus Korona, Ratusan Warga Negara Asing Dievakuasi dari Wuhan

Kasus ini memicu kekhawatiran tentang penyebaran virus korona jenis baru yang mewabah di Wuhan pada akhir tahun lalu. Berdasarkan laporan terakhir, virus itu telah menewaskan 132 orang dan menginfeksi lebih dari 4.900 orang.

Konfirmasi penyebaran virus korona dari manusia ke manusia yang terus terjadi di luar China, serta korban meninggal yang didokumentasikan, akan mendorong Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempertimbangkan kembali apakah akan mengumumkan darurat kesehatan masyarakat global terkait wabah terbaru ini.

BACA JUGA: Korban Tewas Akibat Virus Korona di China Capai 132 Orang, 5.974 Kasus Terkonfirmasi

Jerman, Taiwan dan Vietnam telah melaporkan kasus penyakit yang ditularkan di dalam perbatasan mereka.

Menurut pernyataan Kementerian Kesehatan Jepang, Sopir warga Jepang mulai menunjukkan gejala pada 14 Januari dan dirawat di rumah sakit 11 hari kemudian. Seorang pejabat kementerian mengatakan Sopir itu telah melakukan kontak dekat dengan 18 orang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini