nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hong Kong Akan Karantina Semua Pengunjung dari Dataran China

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 14:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 06 18 2164335 hong-kong-akan-karantina-semua-pengunjung-dari-dataran-china-LIj65YIPeY.jpg Foto: Okezone.

HONG KONG - Hong Kong akan memberlakukan karantina wajib selama 14 pada semua pengunjung dari China daratan, di tengah upayanya mencegah penyebaran wabah virus korona.

Diwartakan BBC, Kamis (6/2/2020), kebijakan itu akan mulai berlaku pada Sabtu, 6 Februari 2020, tetapi para pejabat Hong Kong telah menolak untuk sepenuhnya menutup perbatasan dengan China daratan seperti tuntutan para staf medis yang melakukan pemogokan.

Meski begitu Hong Kong akan menutup terminal kapal pesiar Ocean dan Kai Tak.

BACA JUGA: Warga Protes, Gedung Karantina Virus Korona di Hong Kong Diserang Bom Molotov

Tidak jelas di mana karantina akan terjadi atau apakah warga Hong Kong dapat menghabiskan waktu di rumah.

Pada Selasa, 4 Februari 2020, puluhan ribu orang tiba di Hong Kong dari daratan China.

Saat ini ada 21 kasus yang dikonfirmasi di Hong Kong dengan satu kematian yang tercatat. Kota itu menderita 300 kematian saat wabah SARS merebak pada 2002-2003.

Komisi Kesehatan China (NHC) melaporkan bahwa hingga Kamis, telah tercatat 563 korban meninggal dunia akibat virus korona baru, atau yang dikenal sebagai 2019-nCoV, dengan lebih dari 28.000 kasus yang telah dikonfirmasi.

BACA JUGA: Hong Kong Umumkan Situasi Darurat Wabah Virus Korona

Hong Kong tetap khawatir akan terulangnya kembali wabah Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) yang mematikan, meskipun tingkat kematian virus baru ini jauh lebih rendah daripada SARS. Ada antrean panjang untuk mendapatkan masker, dengan kurangnya pasokan dan harga yang meningkat.

Secara terpisah, maskapai Cathay Pacific yang berbasis di Hong Kong meminta 27.000 staf untuk mengambil cuti tiga pekan selama beberapa bulan mendatang karena berurusan dengan dampak wabah tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini