nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Terdakwa Pencuri Uang Pemprov Sumut Dituntut 6 hingga 7 Tahun Penjara

INews.id, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 10:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 18 608 2170146 4-terdakwa-pencuri-uang-pemprov-sumut-dituntut-6-hingga-7-tahun-penjara-eJIiQfUQsf.jpg Empat Terdakwa Pencurian Uang Milik Pemprov Sumut Dituntut 6 hingga 7 Tahun Penjara oleh JPU di PN Medan (foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN - Empat terdakwa kasus pencurian uang milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) sebesar Rp1,6 miliar dituntut hukuman bervariasi dari 6 hingga 7 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Medan.

JPU Kejaksaan Negeri Medan, Rambo Loly Sinurat mengatakan, perbedaan tuntutan ini didasarkan peran dari masing masing terdakwa saat menjalankan aksinya.

Baca Juga: Uang Miliaran Rupiah Pemprov Sumut Raib di Parkiran Kantor Gubernur 

Rambo menerangkan, tiga terdakwa masing-masing Niksar Sitorus (36), Musa Hardianto Sihombing alias Musa (22), dan Indra Haposan Nababan alias Irvan (39) dituntut enam tahun penjara. Sedangkan Niko Demos Sihombing alias Nika (41) dituntut tujuh tahun penjara.

“Mereka dituntut dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4- 5 KUHP," katanya seusai persidangan, Senin 17 Februari 2020.

Menurut Rambo, untuk terdakwa Niko Demo yang dituntut tujuh tahun penjara karena perannya mencongkel dan merusak mobil milik Pemprov Sumut, sehingga terdakwa lainnya mengambil uang di dalam mobil tersebut.

“Untuk yang dituntut enam tahun enam bulan karena mereka keduanya residivis," ujar Rambo.

Usai pembacaan tuntutan, majelis hakim kemudian menunda persidangan hingga pekan depan. Adapun agenda persidangan pekan depan adalah pembacaan pembelaan dari masing masing terdakwa terkait tuntutan JPU.

Diketahui, uang Pemprov Sumut senilai Rp1.672.985.500 hilang dari dalam mobil Toyota Avanza BK 1875 ZC yang diparkirkan di pelataran Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Senin 9 September 2019, pukul 17.00 WIB.

Uang itu merupakan honor kegiatan aparatur sipil negara (ASN). Pemprov Sumut langsung melaporkan kasus pencurian tersebut ke Polrestabes Medan yang kemudian menyelidiki dan menetapkan empat tersangka.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pencuri Uang Rp1,6 Miliar Milik Pemprov Sumut

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini