Pengemudi Truk Diimbau Ambil Sisi Kanan saat Melintas di Tol Cipularang KM 118

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 19 Februari 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 525 2170781 pengemudi-truk-diimbau-ambil-sisi-kanan-saat-melintas-di-tol-cipularang-km-118-lelvkElykd.jpg Kakorlantas Polri, Irjen Istiono. (Foto: Okezone.com/M Rizky)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono mengimbau pengemudi kendaraan golongan II, seperti truk agar tidak mengambil sisi kiri jalan, saat melintas di Tol Cipularang, Kilometer 118+800 jalur B atau dari Bandung ke Jakarta.

Imbauan itu guna mengurangi beban jalan, imbas dari tanah longsor yang terjadi di kawasan tersebut. "Jalur B kita lihat tadi bahwa ini bisa dilalui kendaraan, tapi rekomendasi untuk kendaraan berat di sisi kanan diwajibkan," kata Istiono saat meninjau lokasi longsor, Rabu (18/02/2020).

Sementara untuk arah sebaliknya, dari Jakarta menuju Bandung atau jalur A masih normal. "Jalur A masih normal masih bisa dilalui," ujarnya.

(Foto: Okezone.com/M Rizky)

Saat ini Kementerian PUPR dan Jasa Marga tengah melakukan perbaikan di lokasi longsoran. Dia menyebut longsor terjadi akibat saluran air gorong-gorong yang tersumbat.

Baca juga: Kakorlantas Polri Sebut Longsor di Tol Cipularang Akibat Aliran Air Tersumbat

"Saya lihat perbaikan perbaikan oleh PUPR sudah berjalan 24 jam untuk perbaiki kondisi longsor ini, agar bisa membantu masyarakat," tukasnya.

Longsor terjadi pada Selasa 11 Februari 2020, sekira pukul 19.00 WIB. Selain menimbun rumah warga, material tanah pun menimbun persawahan.

Lokasi longsoran berada di bawah jalan Tol Purbaleunyi, tepatnya di kilometer 118+600 jalur B arah Jakarta. Titik longsor hanya berjarak kurang lebih delapan meter dari titik longsor.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini