Mahathir Sebut Muhyiddin Yassin Bukan PM Malaysia yang Sah

Rachmat Fahzry, Okezone · Senin 02 Maret 2020 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 18 2176766 mahathir-sebut-muhyiddin-yassin-bukan-pm-malaysia-yang-sah-deYWqeAZtl.jpg Mahathir Mohamad. (Foto/Chatham House/Wikimedia)

KUALA LUMPUR - Mahathir Mohamad mengklaim Tan Sri Muhyiddin Yassin bukan perdana mneteri Malaysia yang sah, meski sudah dilantik oleh Raja Malaysia Yang Di-Pertuan Agong pada Minggu 1 Maret 2020.

Mahathir mengklaim Muhyiddin tidak mendapat dukungan suara mayoritas dari parlemen Malaysia. Menurut aturan, syarat menjadi PM Malaysia mendapat lebih 50% dari 222 suara di parlemen.

Sebelumnya, pria 94 tahun itu merilisi daftar 114 anggota parlemen yang mendukungnya menjadi PM Malaysia. Namun dia menekankan tidak akan pergi ke Istana Negara untuk menyajikan daftar tersebut kepada Raja Malaysia.

“Saya tidak punya kesempatan untuk mengatakan kepadanya [Raja Malaysia] bahwa Muhyiddin tidak memiliki dukungan mayoritas [parlemen]. Itulah situasinya,” kata Mahathir mengutip The Star, Senin (2/3/2020).

Foto/Astro

Baca juga: PM Malaysia yang Baru Muhyiddin Yassin Keturunan Bugis-Jawa

Setelah Muhyiddin dilantik sebagai perdana menteri kedelapan, masa jabatan Mahathir sebagai perdana menteri sementara juga berakhir.

“Kami memiliki mayoritas. Kami memiliki 114 anggota parlemen yang mendukung kami tetapi tampaknya itu diabaikan,” ujar Mahathir.

“Muhyiddin mengklaim dia mendapat dukungan penuh dari semua anggota parlemen Partai Pribumi Bersatu Malaysia tetapi dari 36 anggota parlemen, enam menolak untuk mendukungnya, yaitu saya dan putra saya Mukhriz. Dia tidak memiliki mayoritas, kami punya," lanjutnya.

Mahathir menjelaskan bahwa ia mendapat dukungan mayoritas dari 114 anggota parlemen yang dari Koalisi Pakatan Harapan, Partai Warisan Sabah dan beberapa anggota parlemen independen dan dari Bersatu.

"Tan Sri Muhyiddin tidak memiliki dukungan mayoritas untuk menjadi perdana menteri baru," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini