Gunung Semeru Keluarkan Lava, BPBD Minta Warga Waspada

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 05 Maret 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 519 2178615 gunung-semeru-keluarkan-lava-bpbd-minta-warga-waspada-SJBv1PscYv.jpg Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar (foto: BPBD Lumajang)

LUMAJANG - Gunung Semeru kembali memuntahkan lava pijar hingga sejauh 750 meter dari kawah. Lava tersebut mengarah ke Besuk Kembar, Besuk Bang, hingga Curah Kobokan.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi mengatakan status gunung tertinggi di Pulau Jawa ini masih berada di level II waspada, meskipun luncuran lava telah terjadi beberapa kali.

Baca Juga: Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer, Status Waspada 

"Iya benar, kembali meluncurkan lava dengan jarak 300 - 1.000 meter dari ujung lidah lava, atau kalau dari kawah sekitar 750 meter. Statusnya masih waspada level II," ujar Wawan saat dihubungi Okezone, Kamis (5/3/2020).

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Kabupaten Lumajang, dari pos pengamatan Gunung Api Semeru, sejak 4 Maret pukul 00.00 WIB, Gunung Semeru telah mengeluarkan guguran lava sebanyak 16 kali, dengan enam kali letusan disertai asap putih setinggi 100 - 200 meter, ke arah utara.

Oleh sebab itu, BPBD Lumajang telah mengimbau masyarakat di sekitar gunung untuk tidak beraktivitas di radius satu kilometer dari kawah. Tak hanya itu, larangan beraktivitas juga berlaku pada lereng selatan kawah aktif, yang menjadi jalur luncuran awan panas Gunung Semeru.

"Kami tetap mengimbau masyarakat untuk waspada, meskipun tetap tenang dan tidak panik. Jangan melakukan aktivitas di wilayah lereng selatan dan tenggara sejauh empat kilometer, dan satu kilometer dari kawah," tuturnya.

Pihaknya telah menyiapkan 15.000 masker untuk mengantisipasi dampak hujan abu yang ditimbulkan dari Gunung Semeru. "Sudah kami siapkan 15.000 masker untuk antisipasi jika ada hujan abu dari Semeru," pungkasnya.

Baca Juga: Tiga Gunung Api di Indonesia Masih Berstatus Level III

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini